Soal Pilkada, DPP Nasdem Percayakan Keputusan di Tangan Amin

Praya (Suara NTB) – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) telah memberikan mandat sepenuhnya kepada H. Muh Amin, untuk menentukan sikap yang akan diambil pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) NTB tahun 2018 mendatang. Terkait langkah yang akan dilakukan oleh Partai Nasdem. Apakah akan tetap mengajukan kader internal untuk maju pada Pilkada NTB mendatang atau mengusung kader luar.

“Semua keputusan sudah diserahkan kepada Ketua DPW Partai Nasdem NTB yang juga Wagub NTB, H. Muh. Amin untuk menentukan sikap seperti apa yang akan diambil oleh Partai Nasdem di Pilkada NTB mendatang,” terang Komando Pemenangan Pemilu Partai Nasdem NTB, Dr. H. Kurtubi, kepada wartawan, Sabtu, 18 Maret 2017.

Iklan

Dikatakannya, DPP dalam hal ini hanya akan menunggu dan tinggal mengesahkan saja usulan dari DPW, terkait siapa yang akan diusung Parta Nasdem di Pilkada NTB mendatang. Termasuk pada Pilkada Lombok Barat (Lobar) Lombok Timur (Lotim) maupun Pilkada Kota Mataram yang juga akan digelar serentak.

Hanya saja, DPP tetap mengingatkan supaya DPW cermat dalam menentukan sikap. Bahwa calon yang akan diusung nanti harusnya kandidat kepala daerah yang punya potensi besar untuk menang. Dan, salah satu indikatornya harus melihat hasil survei elektabilitas calon bersangkutan.

“Walaupun diberikan kebebasan, DPW Partai Nasdem harus cermat, menentukan sikap. Karena Partai Nasdem menargetkan untuk menang,” timpalnya.

Tidak kalah penting, dalam proses penentuan siapa yang akan diusung nanti, DPP tidak boleh ada permintaan “mahar” atau pun sejenisnya kepada figur yang akan diusung. Bahwa dalam mengusung calon kepala daerah Partai Nasdem memang benar-benar dengan niat tulus. Tanpa ada embel-embel apapun.

“Ini yang paling ditetankan oleh DPP Partai Nasdem. Bahwa haram ada permintaan mahar kepada calon kepala daerah yang akan diusung nanti,” tegasnya. Karena Parta Nasdem mengusung calon kepala daerah bukan karena kepentingan uang. Tetapi kepentingan masyarakat. Sehingga calon yang diusung nantinya, ialah figur yang memang punya potensi besar untuk menang.

Disinggung rencana koalisi pada Pilkada NTB mendatang, Sekretaris DPW Partai Nasdem, H. Efendi, mengatakan sejauh ini pihaknya tengah menjajaki kemungkinan koalisasi dengan beberapa partai politik. Namun yang cukup intens baru dengan Partai Hanura dan PAN. Sementara dengan partai politik lainnya, masih sebatas komunikasi.

“Dengan Partai Hanura dan PAN, komunikasi kita cukup intens,” sebutnya. Bahkan sudah sampai mengarah pada pembicaran akan mengusung H.M. Amin, sebagai Gubernur atau Wagub. Tapi dengan partai politik yang lain komunikasi tetap kita lakukan. Termasuk dengan Partai Golkar sendiri. Apakah itu secara personal oleh Ketua DPW Partai Nasdem. Maupun antara pengurus partai. (kir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here