Soal Anggaran STKIP Bima, Mantan Kapolsek Hanya Bantu Tarik Dana

Hari Brata. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Polda NTB sudah mendalami keterlibatan mantan Kapolsek alam kasus dugaan penggelapan anggaran yayasan STKIP Bima tahun 2016-2020. Didapati keterangan mantan Kapolsek ini hanya dimintai bantuan. Belum ada indikasi turut menikmati.

Dirreskrimum Polda NTB Kombes Pol Hari Brata menjelaskan, mantan Kapolsek dimintai bantuan untuk menarik dana sebesar Rp6 miliar. “Hanya diminta tarik dana. Dimintai tolong saja,” ujarnya dikonfirmasi akhir pekan lalu.

Iklan

Dari uraian perbuatan itu, tim penyidik kemudian menggelar perkara terkait unsur keikutsertaan dalam tindak pidana penggelapan yang dilakukan lima orang tersangka. “Hasilnya, belum kita temukan mens rea-nya (unsur niat jahat),” imbuh Hari. Dalam kasus ini sudah ditetapkan lima orang tersangka. Yakni, Ketua STKIP Bima periode 2016-2020, HAA; Kepala Bagian Administrasi Umum 2016-2019, HMS; Ketua yayasan IKIP Bima 2019-2020, MF; Kepala Bagian Administrasi Umum 2019-2020, AA; dan Wakil Ketua I Bidang Akademik periode 2016-2019, AZ.

Lima tersangka dugaan penggelapan dana Yayasan STKIP Bima dikeluarkan dari sel tahanan Polda NTB itu awak Agustus lalu setelah permohonan penangguhan penahanannya dikabulkan. Pertimbangannya penangguhannya antara lain tidak berbelit selama pemeriksaan, dan mendapat jaminan dari pihak keluarga untuk tidak menghilangkan barang bukti. Sementara itu, penyidikan tinggal menyelesaikan pemberkasan.

Peran para tersangka ini yakni menarik uang yayasan tanpa sepengetahuan dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. Modusnya, dana dipakai bukan untuk kepentingan kampus. Diduga uang ini dipakai untuk kepentingan pribadi. Dari hasil audit internal ditemukan indikasi penyimpangan mencapai Rp12,8 miliar. Setelah diselidiki kepolisian, tim audit independen dimintai untuk mengaudit kembali. Nilai penyimpangannya berkembang menjadi Rp19,33 miliar. Polda NTB pun mengembangkannya ke tindak pidana pencucian uang. (why)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional