Soal Ahmadiyah, Dewan Desak Pemkab lotim Berikan Solusi Jelas

Selong (Suara NTB) – Permasalahan warga Ahmadiyah yang menjadi korban pengusiran oleh masyarakat di Desa Gereneng Kecamatan Sakra Timur terus disorot DPRD Lombok Timur (Lotim). Kalangan legislatif meminta supaya pemerintah daerah memberikan solusi yang jelas di dalam menangani konflik Ahmadiyah tersebut.

Demikian disampaikan Anggota Komisi III DPRD Lotim, Martawani, SE dikonfirmasi, Selasa, 5 Juni 2018. Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menambahkan, warga Ahmadiyah merupakan Warga Negara Indonesia, sehingga diperlukan penanganan serius serta solusi yang jelas diberikan oleh pemerintah. Selain itu, pemerintah harus pro aktif dan duduk bersama. Tidak hanya berbicara untuk bagaimana dapat memulangkan warga Ahmadiyah ke kampung halamannya. Tapi harus mendapatkan jaminan keamanan ketika dipulangkan ke kampung halamannya.

Iklan

Menurut Martawani, pemerintah dan pihak terkait lainnya harus melakukan pendekatan terhadap warga Ahmadiyah untuk bagaimana pemahaman dan keyakinan mereka dikembalikan ke ajaran Islam yang sesungguhnya. Proses lokalisasi terhadap tempat tinggal warga Ahmadiyah bukanlah merupakan solusi. “Solusinya itu bagaimana mengembalikan pemahaman mereka, harus kembali ke ajaran Islam yang sesungguhnya. Diberikan tempat tinggal yang khusus bukanlah solusi untuk mereka,” tegasnya.

Sebelumnya, Pjs Bupati Lotim, H. Ahsanul Khalik, mengungkapkan sikap Pemkab Lotim saat ini adalah memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat warga Ahmadiyah. Salah satunya dengan menyiapkan tempat penampungan yang layak sebagai tempat tinggal sementara yakni di Loka Latihan Kerja (LLK) yang ada di Gelang. (yon)