SMPN 3 Mataram Membumikan Alquran di Sekolah

Mataram (Suara NTB) –  SMPN 3 Mataram menyelenggarakan berbagai kegiatan keagamaan selama bulan Ramadhan. Berbagai kegiatan itu untuk lebih membentuk para siswa menjadi pribadi muslim yang memiliki karakter keislaman yang kuat, serta membumikan Alquran di lingkungan sekolah.

Kepala SMPN 3 Mataram, Suherman pada Rabu, 5 Mei 2021 menyampaikan, belajar tatap muka terbatas bagi kelas VII dan VIII tetap dilaksanakan seperti biasa. Selain itu, pada bulan Ramadhan, pihaknya lebih memfokuskan pada kegiatan membentuk pribadi muslim yang berbudi pekerti luhur, berkepribadian dan memiliki karakter keislaman yang kuat. Berdasarkan ilmu pengetahuan dan akhlak mulia.

Iklan

“Untuk menunjang semua itu kami memprogramkan tadarus Alquran setiap hari, diakhiri dengan salat zuhur berjamaah ceramah agama dan muzakarah yang dibimbing oleh guru agama Islam,” jelasnya. Di samping itu, untuk para guru dan pegawai mengikuti program satu hari 30 juz atau one day 30 juz. Menurutnya, saat ini sudah khatam Alquran yang ketiga belas sejak dimulai pada 9 Ramadhan lalu.

“Alhamdulillah berjalan lancar dengan metode setiap guru mengambil bagian sesukanya antara 1 sampai 3 juz, dengan mengedarkan list (daftar) via WhatsApp dan selanjutnya dengan menyontreng juz yang sudah selesai dibacanya dengan demikian 30 juz sudah  selesai dibaca hari itu juga,” jelasnya. Program itu dilakukan setiap hari. Pihaknya berharap program tersebut berlanjut di tahun-tahun mendatang. “Ini salah satu cara kami untuk membumikan Al-Quran di sekolah kami,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian pada Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Mataram, Syarafudin dihubungi terpisah, mengatakan tidak ada arahan khusus mengenai kegiatan pembelajaran selama Ramadhan. Pihak sekolah tetap melaksanakan kegiatan sesuai arahan dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram. (ron)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional