SMP Mulai Laksanakan PAS bagi Kelas IX

Seorang siswa SMPN 6 Mataram saat mengikuti PTS/PAS secara daring dari rumah. SMP di Mataram mulai melaksanakan PAS bagi kelas IX mulai pekan ini. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Sejumlah SMP di Kota Mataram melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) bagi siswa kelas IX pada pekan ini. Beberapa sekolah memilih melaksanakan secara tatap muka, ada juga sekolah yang memilih secara daring untuk mencegah penularan Covid-19.

Kepala SMPN 6 Mataram, Azizudin pada Jumat, 5 Maret 2021 menyampaikan, PAS bagi siswa kelas IX dilaksanakan mulai Jumat, 5 Maret 2021 sampai dengan Rabu, 10 Maret 2021. PAS bagi kelas IX dilaksanakan bersamaan dengan Penilaian Tengah Semester (PTS) bagi kelas VII dan VIII. Azizudin menjelaskan, pelaksanaan PAS dan PTS dilaksanakan secara daring. “Semua kelas mengikuti secara daring, karena saat ini masih masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Iklan

Bagi siswa yang tidak bisa mengikuti PAS atau PTS secara daring, pihaknya akan menyediakan waktu untuk pelaksanaan secara luring mulai Senin, 15 Maret 2021 mendatang. Orang tua atau wali siswa diharapkan dapat memantau dan mempersiapkan siswa agar dapat mengikuti kegiatan PAS dan PTS genap sesuai jadwal yang ditetapkan.

“Orang tua diharapkan segera menghubungi pihak sekolah melalui walikelas maupun panitia PTS dan PAS, berhalangan mengikuti PTS dan PAS,” ujar Azizudin.

Azizudin juga meminta kepada siswa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, melakukan jaga jarak, mencuci tangan, dan menjauhi kerumunan selama kegiatan PAS dan PTS berlangsung.

Meskipun pembelajaran bagi siswa kelas IX diperbolehkan secara tatap muka, Azizudin menyampaikan pihaknya tetap melaksanakan PAS secara daring. “Karena kami menggelar pembelajaran kelas IX mengombinasikan tatap muka dan daring dalam pemanfaatan teknologi,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Kepala SMPN 16 Mataram, Suraji,  menyampaikan, untuk penilaian akhir semester genap tahun 2021 bagi siswa kelas IX dilaksanakan secara luring. PAS bagi siswa kelas IX dilaksanakan dari Senin, 1 Maret 2021 sampai dengan Rabu, 10 Maret 2021. “PAS dilaksanakan secara tatap muka dengan protokol kesehatan Covid-19,” ujarnya.

Pelaksanaan PAS menjadi penting karena bagian dari penentu kelulusan siswa. Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian pada Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Mataram, Syarafudin menjelaskan, sesuai Surat Edaran (SE) Mendikbud Nomor 1 tahun 2021 peniadaan ujian nasional dan ujian kesetaraan, serta pelaksanaan ujian sekolah dalam masa darurat penyebaran Covid-19, bahwa salah satu poin siswa dinyatakan lulus harus menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester.

Oleh karena itu, PAS genap ini sesuai dengan materi semester genap ini. Soal PAS dibuat oleh guru di sekolah masing-masing dan materinya diatur oleh sekolah. “Materi sampai semester genap ini yang dibuat oleh guru di sekolah diujikan di semester genap,” ujar Syarafudin. (ron)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional