SMP di Mataram Siapkan ANBK

Kepala SMPN 13 Mataram, H. Ahmad Saehu saat memberikan arahan kepada ssiwa SMPN 13 Mataram yang terpilih sebagai peserta asesmen nasional.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Sejumlah SMP di Kota Mataram sudah mematangkan persiapan mengikuti asesmen nasional berbasis komputer (ANBK). Simulasi asesmen nasional berbasis komputer juga telah diikuti. Termasuk mempersiapkan sarana dengan maksimal.

Kepala SMPN 13 Mataram, H. Ahmad Saehu, S.Pd., pada Jumat, 3 September 2021 menyampaikan, simulasi ANBK di SMPN 13 Mataram baru saja selesai dilaksanakan pada Kamis, 2 September 2021. Sementara untuk kesiapan sarana, komputer utama atau server utama yang digunakan adalah dua komputer untuk dua ruangan serta masing masing ruangan terdapat 30 komputer yang sudah terinstal aplikasi simulasi AKM. Beberapa hari sebelum simulasi, siswa dipilih secara acak yang ditentukan oleh pemerintah pusat.

Iklan

“Pihak sekolah hanya menerima, jadi siswa yang ikut itu berjumlah 50 orang sudah termasuk lima orang cadangan. Siswa yang terpilih kami kumpulkan dan beri pengarahan untuk tidak disia-siakan kesempatan yang diberikan,” ujar Saehu.

Diakui Saehu, saat simulasi lalu, ada sedikit gangguan dari panitia pusat. Namun pada akhirnya bisa berjalan baik. Ia tidak terlalu mempermasalahkannya, karena tujuan simulasi memang untuk mengetahui kesiapan sarana.

Selanjutnya pihaknya mempersiapkan uji coba asesmen nasional pada tanggal 13-14 September 2021. Untuk persiapan pengaturan sesi dan gelombang sudah dilakukan pada web ANBK paling lambat 6 September 2021.

Dihubungi terpisah, Kepala SMPN 14 Mataram, Chamim Tohari menyampaikan, SMPN 14 Mataram sudah menyiapkan sarana sejak jauh hari dengan mengadakan perangkat yang diperlukan dalam pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer, yaitu laptop, komputer, server, dan jaringan internet. “Hingga saat ini bisa mencukupi kebutuhan siswa. Sosialisasi kepada siswa juga sudah dilakukan bahwa pesertanya adalah siswa kelas VIII,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, kegiatan simulasi sudah dilaksanakan pada 31 Agustus 2021 yang diikuti siswa, guru, dan kepala Sekolah. Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar. “Langkah selanjutnya kami bersurat kepadar orang tua yang anaknya menjadi peserta ANBK. SMPN 14 siap mengikuti ANBK 2021,” ujarnya.

Jadwal pelaksanaan asesmen nasional untuk jenjang SMP, MTs, Paket B, dan yang sederajat pada Senin, 4 Oktober 2021 sampai dengan Kamis, 7 Oktober 2021. Komponen asesmen nasional terdiri dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, dan survei lingkungan belajar. Untuk AKM terdiri dari literasi dan numerasi. Survei karakter terdiri dari enam sub topik yang akan disurvei. Diharapkan dari hasil survei karakter akan keluar sebuah paradigma profil pelajar yang disebut Profil Pelajar Pancasila. Sementara, survei lingkungan belajar, berupa survei kondisi belajar, metode belajar, dan lainnya.

Terkait asesmen nasional, semua sekolah wajib ikut, baik sekolah negeri maupun swasta. Sementara yang akan dipilih acak yaitu siswa sebagai peserta asesmen, bila sekolah memiliki jumlah siswa kelas XI lebih dari 45 orang. Namun, bila suatu sekolah jumlah siswanya 45 orang  atau kurang dari 45 orang, maka semua siswa akan diikutkan dalam asesmen nasional. (ron)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional