SMP di Mataram Berharap Calon Siswa Daftar Ulang

Suasana pendaftaran ulang calon siswa di SMPN 1 Mataram, Selasa, 30 Juni 2020. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi sudah dilaksanakan pada Senin, 29 Juni 2020. Sejumlah SMP negeri di Kota Mataram mengharapkan calon siswa yang dinyatakan diterima melakukan daftar ulang jalur zonasi pada Selasa, 30 Juni 2020 sampai dengan Kamis, 2 Juli 2020.

Pada PPDB SMP jalur zonasi di Mataram, ada sekolah yang kuota siswa barunya terpenuhi, dan ada juga yang kuota siswa barunya tidak terpenuhi. Kepala SMPN 16 Mataram, Suraji mengatakan, pihaknya mengharapkan calon siswa yang sudah dinyatakan diterima di SMPN 16 Mataram agar segera mendaftar ulang. “Sehingga kuota kami lima rombongan belajar dapat terpenuhi,” katanya pada Selasa, 30 Juni 2020.

Iklan

Suraji menyebutkan, hasil PPDB di SMPN 16 Mataram yaitu untuk jalur afirmasi kuota terpenuhi 21 siswa dan sudah mendaftar ulang. Untuk jalur prestasi kuota sebanyak 42 siswa, yang mendaftar ulang sebanyak empat siswa. Kuota jalur perpindahan orang tua siswa sebanyak tujuh siswa, yang mendaftar ulang sebanyak satu orang siswa. Untuk jalur zonasi kuota sebanyak 108 siswa, sampai dengan Selasa kemarin yang mendaftar ulang di SMPN 16 Mataram sebanyak 59 siswa.

Dihubungi terpisah, Kepala SMPN 3 Mataram, Suherman mengatakan, pihaknya menginginkan pelaksanaan PPDB sesuai dengan aturan dan komitmen masyarakat. Ia mengharapka sistem zonasi itu dapat menjawab tuntutan masyarakat terkait sekolah anak mereka. Oleh karena itu calon siswa yang dinyatakan diterima bisa melakukan daftar ulang.

“Kami berharap masyarakat, orang tua siswa tidak menuntut atau memaksakan ego dan gengsi pribadi memilih sekolah tertentu yang berakibat tidak berimbangnya persebaran jumlah siswa di setiap sekolah,” harapnya.

Suherman menyebutkan, untuk sementara target tujuh kelas di SMPN 3 Mataram belum terpenuhi, masih kurang 15 orang siswa. Dengan hasil itu, jumlah siswa per rombongan belajar sebanyak 28 siswa, dengan catatan jika tidak ada yang mengundurkan diri. “Kami masih menunggu hingga daftar ulang selesai tanggal 2 Juli nanti,” katanya.

  Presiden Perintahkan Bangun Sekolah Darurat

Hal senada disampaikan Kepala SMPN 6 Mataram, Azizudin. Menurutnya kuota siswa di SMPN 6 Mataram terpenuhi. Namun demikian, jumlah itu belum pasti karena bergantung saat daftar ulang. “Diharapkan semua calon siswa daftar ulang. Kuota sudah terpenuhi kalau sesuai pengumuman pendaftaran, tapi apakah semuanya daftar ulang atau tidak belum kami tahu,” ujarnya. (ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here