SMKPP N Mataram Wakili NTB Terima Penghargaan Abdibaktitani dari Mentan

Muhammad Riadi, H. Gita Ariadi. (Suara NTB/bul)

Mataram (Suara NTB) – UPTD Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB, yaitu SMK Pertanian Pembangunan Negeri Mataram mendapat penghargaan dari Kementerian Pertanian untuk pelayanan publik. Pemerintah daerah provinsi ini menyampaikan apresiasi atas raihan perhargaaan Abdibaktitani tahun 2021 ini.

SMKPP Negeri Mataram menjadi wakil Provinsi NTB yang menerima penghargaan sebagai Unit Kerja Pelayanan Publik Berprestasi Utama. Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah melalui Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si di Mataram, Rabu, 18 Agustus 2021 menyatakan, penghargaan ini bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi unit-unit pertanian Pemprov NTB untuk memberikan pelayanan publik yang terbaik.

Iklan

“Kita memiliki potensi pertanian yang hebat, dan kita juga dapat penghargaan. Ke depan NTB bisa jadi pusat study pertanian secara nasional. Orang luar bisa berkunjung ke daerah-daerah kita untuk belajar pertanian,” ujarnya. Penghargaan ini menurutnya menjadi bukti, meski di tengah pandemi Covid-19, tidak menjadi kendala memberikan pelayanan publik terbaik. Kinerja pelayanan tetap ditunjukkan apalagi di tengah keterbatasan.

Kedepan Pemprov NTB akan memberikan dukungan bagi pengelolaan riset dan development di SMKPP Negeri Mataram, dan sehingga menjadi pusat pembelajaran percontohan yang benar-benar representatif. Dan Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Provinsi NTB, Muhammad Riadi, juga menyatan bangga, NTB mendapatkan penghargaan di bidang pertanian, yang diwakili SMKPP Negeri Mataram.

Belajar dari penghargaan yang diterima, Pemprov NTB juga mendorong UPTD-UPTD lainnya di sektor pertanian mendapatkan penghargaan yang sama. “Kerja teman-teman di SMKPP Mataram memang kita akui. Dan kita harapkan menjadi contoh bagi yang lainnya,” harapnya. Sekolah ini diharapkan tetap menjadi ujung tombak melahirkan petani-petani milenial yang berkiprah di bidang pertanian modern. Dari hulu ke hilir.

Kedepan, lulusan dari SMK PP Negeri Mataram tidak lagi orientasi berpikirnya menjadi ASN. Tetapi bagaimana menjadi pelaku pertanian modern untuk mewariskan potensi yang dimiliki NTB. Terpisah, Kepala SMK PP Negeri Mataram, Sugiarta, M. Pi., M. Si menyebutkan, penghargaan abdibaktitani tahun 2021 ini menurtnya sebentuk evaluasi pemberian pelayanan kepada masyarakat, kepada anak didik di bidang pertanian.

SMKPP Negeri Mataram adalah UPTD Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB yang konsisten mencetak generasi-generasi pertanian milenial yang nantinya menjadi wirausaha pertanian yang maji, mandiri, dan modern membangun NTB dari sektor unggulan daerah ini. Untuk melahirkan generasi-generasi pertanian, SMK PP Negeri Mataram disamping memberikan teori-teori di sekolah. Siswa-siswi juga didekatkan dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI).

Sehingga link and match antara sekolah dengan industri agar lulusannya bisa menciptakan lapangan pekerjaan secara mandiri. “Sehingga lulusan di sini sudah bisa menjadi job creator, menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, bahkan bagi orang lain. Selain ada juga yang melanjutkan berkecimpung di bidang pendidikan pertanian,” imbuhnya.

Model pembelajaran yang diberlakukan adalah teaching factory, belajar sambil berwirausaha. Hasil produknya juga dipasarkan. Sestiap jurusan memiliki usaha produktif yang bekerjasama dengan industr dan dunia kerja. Untuk mengasah keterampilan, skill, karakter menjadi wirausaha.

Berdasarkan hasil evaluasi, dalam lima tahun terakhir survei yang dilakukan, 70 persen lulusan SMKPP Negeri Mataram sudah menjadi wirausaha. Bahkan banyak di antaranya menjadi duta-duta petani milenial. Banyak juga yang bekerja sambil kuliah. Kedepan, SMK PP Negeri Mataram akan dikembangkan sebagai pusat belajar pertanian masyarakat dan kemitraan bagi sekolah lain dan stakeholders lainnya. (bul)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional