SMKN 5 Mataram Junjung Semangat Toleransi Lewat Penggalangan Dana

Penerima paket sembako hasil penggalangan dana semua siswa SMKN 5 Mataram. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) –  SMKN 5 Mataram meningkatkan semangat toleransi di lingkungan sekolah melalui penggalangan dana yang diikuti oleh semua siswa. Hal itu dalam rangka pencegahan Intoleransi di institusi pendidikan. SMKN 5 Mataram melalui Remaja Musholla Al-Ghuroba dan OSIS yang beragama non muslim melakukan penggalangan dana dari seluruh siswa dan civitas akademika.

Kepala SMKN 5 Mataram, H. Istiqlal, S.Pd., MM., pada Selasa, 25 Mei 2021 menyampaikan, penggalangan dana itu dilakukan setiap hari dengan menaruh kotak amal. Setelah terkumpul, dana itu dibelikan sembako untuk karyawan, tenaga kebersihan, guru-guru honorer, dan siswa yang kurang mampu.

Iklan

“Penggalangan dana ini tidak hanya dari siswa atau civitas akademika yang muslim saja, tetapi dari seluruh unsur agama yang ada. Ini menjadi penguat rasa kekeluargaan kita di SMK Negeri 5 Mataram,” ujar Istiqlal.

Dengan begitu, ujar Istiqlal, sikap-sikap intoleransi yang saat ini mulai mengkhawatirkan bisa ditangkal. Istiqlal selalu menekankan agar mampu merangkul seluruh agama, ras, dan golongan yang ada di SMKN 5 Mataram.

Pembimbing Remaja Musholla dan Guru PAI, Suprapti Nurmala Dewi, S.Ag., menyebutkan, jumlah dana yang terkumpul sebesar Rp2.400.000 untuk pembuatan paket sembako sebanyak 40 paket yang isinya antara lain beras 2,5 kilogram, gula 1 kilogram, minyak goreng 1 liter, dan mi 2 buah.

Jaelani Ichink selaku perwakilan penerima bantuan yang merupakan tenaga kebersihan di SMKN 5 Mataram menyampaikan rasa syukur karena telah mendapat bantuan dari kegiatan ini, karena pandemi Covid-19 menjadi salah satu penghambat kesejahteraannya. (ron)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional