SMKN 5 Mataram Gelar Sabtu Budaya

Para siswa SMKN 5 Mataram saat melaksanakan senam gemar gatra saat kegiatan Sabtu Budaya. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) –  SMKN 5 Mataram kembali melakukan gebrakan untuk merajut kebersamaan dan menunjang prestasi dengan cara menggelar kegiatan Sabtu Budaya. Dalam kegiatan Sabtu Budaya itu, SMKN 5 Mataram melaksanakan senam aerobik, senam gemar gatra, dan cek kesehatan yang bekerja sama dengan pihak ketiga.

Kepala SMKN 5 Mataram, H. Istiqlal Ma’rip S.Pd., MM., menyampaikan, di satu sisi, ini merupakan langkah awal untuk menyambut kegiatan pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan. “Kami menyelenggarakan Sabtu Budaya ini untuk menanamkan budaya lokal melalui aksi senam gemar gatra yang diinisiasi oleh Dikbud NTB,” ujarnya.

Iklan

Selain itu ada cek kesehatan berupa cek tensi, kolesterol, dan kadar lemak. Hal ini dilakukan untuk memastikan tenaga pendidik dan kependidikan yang ada di SMKN 5 Mataram memiliki kesehatan yang prima saat pembelajaran tatap muka dimulai.

“Sabtu Budaya akan digelar secara berkelanjutan dengan melibatkan siswa-siswi bahkan warga sekitar lingkungan sekolah sebagai wujud pertanggungjawaban kami berada di wilayah Pagesangan,” ujar Istiqlal.

Kepala Dinas Dikbud NTB, Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd., sebelumnya menyampaikan, memasuki tahun pelajaran 2021/2022, Dikbud NTB melaksanakan kebijakan penguatan pendidikan karakter dan praktek baik di sekolah antara lain program Sabtu Budaya dengan kegiatan antara lain Gotong Royong, Senam Gemar Gatra, Olahraga Tradisional, Permainan Rakyat, Literasi, Bersih Kelas dan Lingkungan, Rapat Kerja, Bina OSIS, Pendidikan Keluarga, Penguatan Kompetensi Guru/Siswa, dan Aktivitas budaya lainnya.

Selain itu, sekolah juga memperdengarkan lagu wajib nasional dan lagu daerah dengan ketentuan memperdengarkan lagu wajib setiap hari Senin hingga hari Jumat selama 30 menit di waktu pagi sebelum masuk kelas atau ruangan kerja dan siang saat pelajaran sekolah berakhir atau jam kerja berakhir.  “Memperdengarkan lagu wajib dan lagu daerah selama jam istirahat pelajaran dan usai salat zuhur,” ujarnya. (ron)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional