SMKN 5 Mataram Buka Unit Usaha Bengkel Sepeda Motor

Suasana kegiatan di Unit Usaha Bengkel Sepeda Motor SMKN 5 Mataram.  (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – SMKN 5 Mataram kembali membuat gebrakan. SMK yang dikenal berbasis seni dan kriya ini memilih keluar dari zona nyaman dengan membukat unit usaha bengkel sepeda motor yang dikelola oleh guru kompetensi keahlian teknik sepeda motor.

Kepala SMKN 5 Mataram, H. Istiqlal, S.Pd., MM., pada Senin, 22 Februari 2021 menyampaikan, unit usaha bengkel sepeda motor ini akan menargetkan konsumen utama dari kalangan pelajar yang ada di Kota Mataram dan Lombok Barat dengan memberikan harga yang sesuai kemampuan pelajar. Ia menyebutkan, jasa servis hanya dikenakan biaya sejumlah Rp25.000 sampai  Rp35.000.

Iklan

“Meskipun target massal yaitu masyarakat umum masuk dalam rencana pemasaran. Dan harga yang ditawarkan untuk masyarakat umum tidak kalah kompetitif dengan harga pelajar,sebagai contoh yaitu jasa servis ringan motor bebek hanya dikenai biaya Rp40.000,” ujar Istiqlal.

Salah satu guru dan pengelola unit usaha, Madona Saradenta, S.ST., berkeyakinan, dengan keterampilan dan pengalaman yang dimiliki, Unit Usaha Bengkel Sepeda Motor SMKN 5 Mataram mampu menjadi mercusuar untuk sekolah kejuruan lainnya. “Agar kembali bergerak dan menciptakan gebrakan-gebrakan yang membuat kemajuan dalam hal pendidikan dan kewirausahaan,” jelasnya.

Sebelumnya, Istiqlal menyampaikan perlunya upaya memadukan SMK dan industri. Hal ini penting agar lulusan SMK memiliki keterampilan yang dibutuhkan industri. Menurutnya, untuk memadukan antara SMK dan industri perlu tahapan, salah satunya melalui penyelarasan kurikulum antara SMK dan industri. Diperlukan duduk bersama antara industri, dunia usaha, dan dunia kerja (Iduka) dan SMK untuk menyelaraskan kurikulum.

Salah satu yang penting, yakni kompetensi dasar yang ada di kurikulum harus tetap ada. Penyelarasan dilakukan dengan menambahkan kuriklum dari Iduka. Istiqlal juga menyampaikan, SMK tidak hanya butuh pengetahuan, tapi juga keterampilan dan etika atau karakter. (ron)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional