SMKN 2 Mataram Lakukan Penjajakan Ulang Kerjasama dengan DUDI

Siswa-siswi SMKN 2 Mataram saat praktik di Laboratorium Komputer sebelum Covid-19. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) -Guna menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, dan semangat kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja, SMK memprogramkan praktik kerja industri (prakerin).
Prakerin bertujuan untuk memperkokoh hubungan sekolah dengan dunia industri dan dunia usaha (DUDI). Di samping meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas, serta menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman di era teknologi informasi dan komunikasi.

Waka Humas SMKN 2 Mataram, Murat, menjelaskan pihaknya kini tengah melakukan penjajakan ulang berbagai kerjasama antara SMKN 2 Mataram dengan DUDI.
Upaya penjajakan kembali kerjasama dengan DUDI ini terus dilakukan menyusul hampir setahun tidak ada aktivitas praktik kerja industri, sehingga kerjasama-kerjasama yang telah dibangun sebelumnya harus diperbaharui ulang.

Apalagi ditambah dengan kondisi objektif DUDI yang sejak pandemi Covid-19 mengalami banyak kendala, bahkan sebagian ada DUDI yang mengalami mati suri karena persoalan keuangan dan lainnya. Sehingga penyesuaian DUDI yang masih bisa menerima Prakerin perlu dilakukan penjajakan dan pemetaan.

“Untuk MoU dengan DUDi ada. Sebelum pandemi ini kami sudah siap diterima PKL. Tapi sekarang kami harus menanyakan ulang (menjajaki) kesiapan DUDI menerima kami karena kondisi pandemi Covid-19,” paparnya.

Untuk saat ini, tambahnya, SMKN 2 Mataram sedang melakukan penjajakan tempat PKL yang siap bersedia mengikuti protokol kesehatan. Sesuai dengan himbauan Dinas. Adapun finalisasi penempatan PKL akan dilakukan pada hari Sabtu tanggal 9 Januari dan pelepasan hari Senin. (dys)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here