SMKN 1 Kotaraja Kembangkan Jurusan Agribisnis Ternak Unggas

Siswa Jurusan ATU SMKN 1 Kotaraja sedang menyiapkan kandang pemeliharaan ayam. (Suara NTB/ist)

Selong (Suara NTB) – Salah satu jurusan yang ada di SMKN 1 Kotaraja adalah Agribisnis Ternak Unggas (ATU). Jurusan yang baru berdiri tiga tahun ini memiliki prospek yang luar biasa untuk mencetak siswa yang kreatif dan berjiwa wirausaha.

Kepala SMKN 1 Kotaraja Salman ST, M.Pd., menyebut meski jurusan ini tergolong sangat baru berusia seumur jagung, secara objektif jurusan ini memiliki prospektif sangat besar bagi kemajuan usaha generasi muda ke depan.

Iklan

Pada jurusan ini, siswa dilatih secara profesional dengan tujuan kelak mampu membangun bisnis di bidang peternakan. Selama berada di sekolah, siswa dilatih langsung mulai dari membuat kandang ayam, hingga pemeliharaan ayam.

Saat ini, para siswa jurusan ATU sedang menyiapkan kandang pemeliharaan ayam broiler atau pedaging seperti pemasangan tirai dan pemasangan instalasi air minum. Semua siswa jurusan ATU sangat antusias mempersiapkan segala teknis pemeliharaan. “Siswa tidak sabar untuk menunggu kedatangan (day old chick – DOC broiler,” jelasnya.

Ditambahkan Salman, kandang open house yang dibuat pihak SMKN 1 Kotaraja berukuran 8 x 36 meter dengan kapasitas 2.500 ekor. Selama pengoperasian kandang broiler, nantinya dibantu oleh anak kandang yang direkrut dari alumni SMKN 1 Kotaraja. “Diharapkan pada akhir bulan Februari tahun 2021 kandang sudah beroperasi dengan pola kemitraan,” ungkapnya.

Dengan adanya kandang ayam broiler ini siswa ATU nantinya bisa belajar menggunakan sistem Teaching Factory (TEFA), di mana siswa nantinya mampu menguasai keahlian dan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Dengan kata lain dijadikan sebagai media pembelajaran bagi siswa jurusan ATU untuk memasuki industri peternakan.

Selain kandang pemeliharaan ayam broiler, fasilitas lainya yang dimiliki jurusan ATU SMKN 1 Kotaraja adalah mesin tetas otomatis dan manual yang juga digunakan untuk praktik pembibitan bagi siswa, debbeker, mesin pencabut bulu dan kandang baterai. “Untuk ke depannya jurusan ATU merencanakan akan memelihara ayam petelur,” papar Salman. (dys)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional