SMKN 1 Kotaraja Ciptakan Mesin Penyiram Tanaman Otomatis

Inilah Kotaraja Alat Siram Otomasi (KASO) yang merupakan hasil karya siswa SMKN 1 Kotaraja.(Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Siswa SMKN 1 Kotaraja Kecamatan Sikur berhasil menciptakan mesin siram otomatis yang dinamakan Kotaraja Alat Siram Otomasi (KASO). Lahirnya alat ini merupakan kolaborasi dua jurusan di SMKN 1 Kotaraja yaitu, Jurusan Agrobisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) dan  Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Kepada Suara NTB, Kamis, 10 September 2020, Kepala SMKN 1 Kotaraja, Salman, ST.,M.Pd, menjelaskan terciptanya KASO tersebut berawal dari instruksi pemerintah pusat berupa Center of Excellent yang ditindaklanjuti oleh Dikbud Provinsi NTB untuk membuat inovasi di semua sekolah khususnya SMK. Kemudian dari dua jurusan tersebut, Jurusan ATPH bekerjasama dengan TKJ untuk merancang alat penyiram tanaman yang dapat dikendalikan melalui Android atau handphone.

Iklan

 Alat inipun sudah dilakukan uji coba pada 28 Agustus di Dikbud Provinsi. KASO ini, kata dia, diciptakan sesuai kebutuhan masyarakat agar dapat dimanfaatkan secara umum dengan diluncurkan agar dapat dikontrol secara otomatis. Alat inipun sudah mulai dipasarkan dengan membuka harga Rp1 juta per unitnya.

Alat tersebut dikontakkan dengan aplikasi dari Play Store yang dibuat oleh jurusan TKJ agar dapat dikontrol melalui handphone dengan adanya elemen-elemen yang dirakit. Hanya saja untuk saat ini masih menggunakan bluetooth, sehingga ke depan akan dikembangkan supaya dapat dikontrol melalui internet.

 “Alat ini sudah ada sensor PH, dan cek suhu. Sehingga ketika suhu naik, maka langsung ada warning atau pemberitahuan dari alat itu sendiri. Begitupun untuk sensor PH ada pemberitahuannya,”terangnya.

Adapun SMKN 1 Kotaraja yang terletak di kaki Rinjani ini memiliki 8 jurusan yang jumlah peminatnya cukup banyak. Masing-masing jurusan ini memiliki keunggulan tersendiri dan dibentuk berdasarkan kebutuhan masyarakat mengingat wilayah Kotaraja mayoritas penduduknya petani dan dan pelaku usaha. (yon)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional