SMKN 1 Kotaraja Budidayakan Ayam

Kadis Dikbud NTB, H. Aidy Furqan saat meninjau dan meresmikan kandang ayam broiler SMKN 1 Kotaraja, Lotim, beberapa waktu lalu.(Suara NTB/ist)

Selong (Suara NTB) – SMKN 1 Kotaraja kini tengah bersiap membudidayakan ribuan ekor ayam sebagai media pembelajaran bisnis bagi siswa jurusan Agribisnis Ternak Unggas (ATU). Sebelumnya di tempat ini telah dilakukan peresmian teaching farm kandang broiler oleh Kadis Dikbud NTB, H. Aidy Furqan.

“Kemarin peresmian teaching farm kandang broiler Kompetensi keahlian Agribisnis Ternak Unggas SMKN 1 Kotaraja dilakukan hari Selasa tgl 23 Februari 2021,” ungkap Kepala SMK 1 Kotaraja Salman, ST., M.Pd., kemarin. Peresmian kandang broiler ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kadis Dikbud NTB. Di samping itu juga dilakukan peninjauan langsung ke lokasi teaching farm kandang broiler SMKN 1 Kotaraja.

Iklan

Ditambahkan Salman, kandang open house yang dibuat pihak SMKN 1 Kotaraja berukuran 8 x 36 meter dengan kapasitas 2.500 ekor. Selama pengoperasian kandang broiler, nantinya dibantu oleh anak kandang yang direkrut dari alumni SMKN 1 Kotaraja. “Kita siapkan 2.500 ekor untuk dibudidayakan,” paparnya.

Dengan budidaya ribuan ekor ayam broiler ini diharapkan menjadi media belajar efektif bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan dan kompetensi siswa serta menumbuhkan semangat berwirausaha bagi siswa jurusan Agribisnis Ternak Unggas.

Dengan adanya kandang ayam broiler ini siswa nantinya bisa belajar menggunakan sistem Teaching Faktory (TEFA), dimana siswa nantinya mampu menguasai keahlian dan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Dengan kata lain dijadikan sebagai media pembelajaran bagi siswa jurusan ATU untuk memasuki idustri peternakan.

Dijelaskan Salman, beberapa masukan Kadis Dikbud selama kunjungan peresmian di antaranya ialah menyarankan agar ruang aula diubah menjadi kelas sehingga bermanfaat. Selain itu bisa membuka ruko di kelas depan sebagai tempat untuk menjual hasil produksi siswa. “Kita berharap budidaya ayam broiler tahap pertama ini berjalan lancar tidak ada kendala sehingga bisa menjadi media belajar bagi siswa,” ungkapnya. (dys)

Advertisement filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional