SMKN 1 Dompu Juara ‘’Hacker’’ Tingkat Nasional

Dompu (Suara NTB) – Siswa SMKN 1 Dompu berhasil mendapat juara 1 kompetisi hacker pelajar tingkat nasional yang diselenggarakan Kementerian Petahanan (Kemhan) Republik Indonesia, 29-30 November 2016 kemarin. Mereka, Muhammad Fani Akbar, Muhammad Nurmahmudin dan Ariansyah Ramadhan.

Kepala Sekolah SMKN 1 Dompu, H Abdullatif, SPd, SE, MSi mengatakan, dua regu yang diutus untuk mewakili sekolah dalam kegiatan Cyber Divens Contest itu, satu diantaranya keluar sebagai pemenang sekaligus menjadi satu-satunya perwakilan pelajar Bali – Nusra. “Jadi untuk Bali Nusra itu kita yang mewakili, dan untuk satu regu ada tiga orang pelajar,” katanya kepada Suara NTB saat ditemui di kantornya, Jumat, 2 Desember 2016.

Iklan

Kegiatan yang berlangsung di Jakarta Selatan tersebut diikuti perwakilan pelajar dan masyarakat umum se-Indonesia. Sebanyak 16 peserta lolos pada putaran final untuk empat kategori, yakni kategori Kemhan, pelajar, umum dan mahasiswa. Setiap peserta diadu satu persatu untuk menunjukkan kemampuannya di bidang cyber. Fani Akbar dan dua rekanya berhasil membuktikan sekaligus mengharumkan nama NTB di kancah nasional.

Berkat prestasi yang diraih, mereka berhak mendapat beasiswa gratis kuliah S2 di Univesitas Pertahanan (Unhan), sementara untuk tingkat provinsi dipastikan juga mendapat akan beasiwa. “Kita tunggu piagamnya, kita scan baru kita kirim ke provinsi, kebetulan kemarin ada orang provinsi yang datang untuk mengupayakan itu,” jelasnya.

Sementara itu, disinggung soal dukungan pemerintah daerah selama kegiatan ini berlangsung, ia menegaskan, dalam setiap kompetisi yang diikuti pelajar SMKN 1 Dompu selama ini, dukungan pemerintah daerah dirasa masih sangat minim. Bahkan pada tingkat pronvinsi beberapa waktu lalu saja nihil bantuan yang diterima pihaknya. “Saya sudah pengalaman mewakili provinsi, buat proposal sebulan full tapi ndak sama sekali. Ini kita biaya sendiri saja,” ungkapnya. (jun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here