SMI Setujui Pemkot Pinjam Rp125 Miliar

Lalu Martawang. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) menyetujui pinjaman yang diajukan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram seniai Rp125 miliar. Pinjaman yang diberikan oleh pemerintah pusat tersebut sebagai upaya mendukung percepatan ekonomi nasional. Skenario pinjaman akan dibayar atau cicil selama lima tahun.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram, Lalu Martawang menyampaikan, informasi secara lisan yang disampaikan oleh manajemen PT. Sarana Multi Infrastruktur di Jakarta bahwa pengajuan pinjaman Rp125 miliar oleh RSUD Kota Mataram akan disetujui. Persetujuan itu diperkuat dengan keluarnya rekomendari dari Kementerian Dalam Negeri, sehingga tinggal menunggu finalisasi. “Maka setelah itu akan ada dokumen secara resmi yang disampaikan oleh PT. SMI ke Pemkot Mataram. Informasi yang saya terima itu kemarin secara lisan,” kata Martawang dikonfirmasi akhir pekan kemarin.

Iklan

Pihaknya akan menunggu secara tertulis untuk dipersiapkan segala sesuatu berkaitan dengan hal tersebut. Apakah penyiapan secara internal di Kota Mataram dan di manajemen rumah sakit. Serta berkaitan dengan komunikasi dengan legislatif.

Martawang menjelaskan, pinjaman tersebut dikembalikan selama lima tahun. Skenario pemerintah pusat menyetujui untuk percepatan ekonomi nasional, sehingga diharapkan akan mampu menstimulus kondisi di masa pandemi supaya ikhtiar penanganan pandemi selaras atau seimbang antara capaian kesehatan dengan perbaikan ekonomi. “Tujuan pemerintah pusat memberikan pinjaman ini sebenarnya mengikhtiarkan keseimbangan antara pemulihan kesehatan dan ekonomi,” terangnya.

Dana Rp125 miliar masuk di anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) perubahan 2020 dan APBD induk 2022. Ditegaskan, masuknya ke APBDP karena di sanalah urgensinya pemulihan ekonomi nasional. Artinya, daya dukung ekonomi bagi Kota Mataram dan NTB secara umumnya terbangun dengan pelibatan tenaga kerja lokal serta pemanfaatan produk lokal.

Untuk pelaksanaan proyek fisik pengembangan gedung pelayanan rumah sakit akan berjalan sesuai ketentuan. Proyek akan ditender dan dikerjakan dengan pembayaran secara multiyear. (cem)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional