SMAN 4 Mataram Maksimalkan Persiapan Ujian Sekolah

Jauhari Khalid (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – SMAN 4 Mataram mempersiapkan ujian sekolah (US) secara maksimal menjelang pelaksanaannya. SMAN 4 Mataram akan melaksanakan ujian sekolah dari tanggal 16 Maret 2021 sampai dengan tanggal 23 Maret 2021.

Kepala SMAN 4 Mataram, Jauhari Khalid pada Rabu, 3 Maret 2021 menyampaikan, persiapan ujian sekolah di SMAN 4 Mataram sudah mencapai 60 persen. Menurutnya, Surat Keputusan (SK) Ujian Sekolah sudah disampaikan kepada para guru maupun tenaga kependidikan. “Soal semua mata pelajaran sudah diterima panitia. Sebagian besar soal sudah digandakan bahkan ada beberapa mata pelajaran yang sudah dalam pengepakan,” ujarnya.

Iklan

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB sudah mengeluarkan jadwal ujian sekolah, yaitu dalam rentang waktu dari 15 Maret 2021 sampai dengan 3 April 2021. Sekolah dapat memilih waktu pelaksanaan dalam rentang waktu yang ditentukan itu. Jauhari menyebutkan, SMAN 4 Mataram memilih melaksanakan ujian sekolah mulai dari tanggal 16 Maret 2021 sampai dengan 23 Maret 2021.

Sementara itu, terkait persiapan siswa, menurut Jauhari tidak ada perlakuan khusus. Siswa hanya diberikan soal-soal ujian sekolah beberapa tahun terakhir. Di samping itu, siswa juga dilatih dengan soal-soal dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Sebelumnya, Kepala Seksi Kurikulum pada Bidang Pembinaan SMA Dinas Dikbud NTB, Purni Susanto menyampaikan, durasi waktu pelaksanaan ujian sekolah sebelumnya berkisar antara 90 menit sampai dengan 120 menit. Namun, karena pelaksanaannya dalam dua sif atau dua sesi per hari, maka waktu maksimal per sesi hanya 90 menit.

“Akibatnya, jumlah butir soal yang sebelumnya 50 menjadi maksimal 40 butir. Ini untuk menyelaraskan waktu maksimal sekolah boleh buka layanan di masa Covid-19. Jadi kita kurangi agar sekolah tidak terlalu lama bukanya,” ujar Purni.

Di samping itu, ujian praktik tidak secara eksplisit disebutkan sebagai salah satu bentuk komponen ujian sekolah. Mengacu Surat Edaran (SE) Mendikbud nomor 1 tahun 2021 tentang peniadaan ujian nasional dan ujian kesetaraan, serta pelaksanaan ujian sekolah dalam masa darurat penyebaran Covid-19, empat bentuk ujian sekolah itu tidak menyebutkan ujian praktik sebagai salah satu komponen. Namun demikian, Purni menjelaskan, ujian praktik dalam petunjuk Dinas Dikbud NTB  ini dimasukkan sebagai salah satu alternatif bentuk ujian lainnya. (ron)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional