SMAN 4 Mataram Harapkan Kuota Jalur Prestasi Terisi Penuh

Panitia PPDB SMAN 4 Mataram (kanan) saat melayani masyarakat yang mendaftar PPDB jalur prestasi.(Suara NTB/ron)

Mataram (Suara NTB) – Pendaftaran jalur prestasi di Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dilaksanakan dari Senin, 14 Juni 2021 sampai dengan Rabu, 16 Juni 2021. Sekolah yang letaknya berada di daerah pinggiran Kota Mataram seperti SMAN 4 Mataram mengharapkan kuota jalur prestasi bisa terpenuhi. Kuota jalur prestasi di SMAN 4 Mataram selama beberapa tahun terakhir belum pernah terisi penuh.

Kepala SMAN 4 Mataram, Jauhari Khalid pada Selasa, 15 Juni 2021 menyampaikan, selama dua tahun terakhir, kuota jalur prestasi di SMAN 4 Mataram belum pernah terisi penuh. Ia berharap di PPDB tahun ajaran 2021/2022 ini kuota jalur prestasi bisa terpenuhi.

Iklan

“Mudah-mudahan di tahun ini anak-anak berprestasi itu lebih banyak lagi mempercayakan diri ke SMAN 4 Mataram, sehingga kita secara akademik bisa lebih mampu lagi bersaing,” harapnya.

Ia menyebutkan, di PPDB dua tahun lalu jumlah siswa yang masuk jalur prestasi sebanyak 23 orang, sedangkan pada tahun lalu sebanyak 21 orang. Menurutnya jumlah itu hampir memenuhi kuota jalur prestasi di SMAN 4 Mataram.

Diakuinya, total daya tampung di SMAN 4 Mataram sebanyak delapan rombongan belajar dengan total kuota siswa baru berjumlah 256 orang. Khalid juga menyampaikan, pihaknya terus menjaga kualitas pembelajaran di SMAN 4 Mataram. “Kami terus berusaha memberikan pelayanan yang baik, selalu ada inovasi yang kami lakukan,” ujarnya.

Di samping itu, menurut Khalid, pelayanan jalur prestasi ini masyarakat terlayani dengan baik. Masyarakat yang kesulitan akses internet juga dibantu saat pendaftaran PPDB jalur prestasi. “Sudah saya pesan kepada operator, masyarakat harus dilayani dengan baik, dengan taat protokol kesehatan cegah penularan Covid-19,” ujarnya.

Untuk jenjang SMA, pendaftaran PPDB dilaksanakan melalui jalur zonasi dengan kuota zonasi minimal 60 persen, afirmasi paling banyak 20 persen, kuota jalur perpindahan tugas orang tua/wali paling banyak 5 persen, kuota jalur prestasi paling banyak 15 persen  meliputi 6 persen prestasi  nilai rapor, 5 persen prestasi piagam atau sertifikat, dan 4 persen prestasi keagamaan.

Verifikasi pra pendaftaran akan dilaksanakan pada 11 Juni sampai dengan 13 Juni 2021. Untuk jenjang SMA, pendaftaran dan verifikasi sekolah untuk jalur prestasi dan jalur zonasi akan dilaksanakan pada 14 sampai dengan 16 Juni 2021. Pendaftaran dan verifikasi sekolah untuk jalur afirmasi pada 21-24 Juni 2021, dan untuk jalur zonasi pada 29 Juni 2021 sampai dengan 3 Juli 2021.

Seleksi oleh sistem untuk jalur prestasi dan jalur zonasi pada 17-18 Juni dan pengumuman pada 19 Juni 2021. Sementara seleksi oleh sistem untuk jalur afirmasi pada 25 dan 26 Juni 2021, pengumuman pada 28 Juni. Seleksi oleh sistem untuk jalur zonasi pada 5 Juli sampai 7 Juli 2021, diumumkan pada 8 Juli. (ron)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional