SMAN 1 Praya Kembangkan Perpustakaan Digital

Tim dari penerbit ANDI melakukan percobaan atau praktik langsung kepada peserta workshop cara memakai aplikasi perpustakaan digital. (Suara NTB/dys)

Praya (Suara NTB) – Proses pembelajaran tatap muka di sekolah hanya bagi kelas akhir di masing-masing jenjang pendidikan. Keputusan ini tentu akan memberikan peluang lebih banyak dilakukannya pembelajaran secara daring atau lebih dikenal dengan istilah BDR (Belajar Dari Rumah) sebagai satu-satunya alternatif pembelajaran di masa pandemi.

Untuk menunjang proses pembelajaran secara daring, SMAN  1 Praya mulai mengembangkan perpustakaan digital.

Iklan

Kepala SMAN 1 Praya, M. Amrullah, menyebut perpustakaan digital yang mulai dikembangkan menyediakan buku-buku digital atau ebook.  Penyediaan buku berbentuk digital atau ebook diharapkan dapat menunjang proses pembelajaran siswa dan guru secara daring pada masa pandemi Covid-19. Mengingat harus ada penyesuaian antara metode pembelajaran dengan kebutuhan kondisi saat ini.

“Jadi dalam perpustakaan digital ini akan disediakan ribuan macam buku digital atau e-book,” papar Amrullah.

Keberadaan perpustakaan digital, siswa dan guru nantinya dapat mengakses buku-buku digital tersebut dari rumah, sehingga mereka tidak perlu datang sekolah untuk mendapatkan buku-buku bacaan tersebut. Melainkan cukup dengan mengakses perpustakaan digital, bahan bacaan sudah langsung bisa dinikmati.

“Hal ini kita lakukan untuk mencegah adanya kerumunan siswa di perpustakaan sekolah. Jadi pembelajaran tetap bisa berlangsung di masa pandemi Covid-19 ini,” jelas Anrullah.

Untuk memantapkan konsep perpustakaan digital, SMAN 1 Praya telah bekerja sama dengan Tim Penerbit Buku ANDI mengadakan workshop beberapa waktu lalu. Hadir sebagai pemateri dua orang dari Penerbit Buku ANDI, yakni Sianny Juniarto dan Renti Simanjuntak. Dalam kegiatan workhsop tersebut tim dari penerbit ANDI melakukan percobaan atau praktik langsung kepada peserta workshop cara memakai aplikasi perpustakaan digital yang disediakan. (dys)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional