SMAN 1 Praya Kembangkan Kegiatan Pertanian Modern

Bangunan green house milik SMAN 1 Praya.(Suara NTB/dys)

Praya (Suara NTB) – Memasuki tahun 2021, SMA Negeri 1 Praya mulai mengembangkan kegiatan pertanian modern dengan sistem Green House di lingkungan sekolah. Kegiatan ini ditujukan untuk menyukseskan program NTB Gemilang, yakni program Zero Waste. Hadirnya Green House di lingkungan sekolah, sekaligus menjadi kegiatan pembimbingan kepada siswa untuk memanfaatkan limbah sampah yang sudah tidak terpakai, misalnya plastik botol.

“Plastik botol bekas air minum ternyata cukup banyak sebelum kami canangkan pemakaian tumbler sebagai tempat air minum siswa. Nah, limbah-limbah itu coba kita olah menjadi pot-pot bunga yang cantik dan ditempatkan di green house”, ungkap Kepala SMA Negeri 1 Praya, H. Amrullah.

Iklan

Green house merupakan tempat atau sebuah bangunan di mana tanaman di budidayakan. Pada sebuah rumah kaca, atap terbuat dari plastik. Agar tanaman yang berada di dalamnya dapat menyerap sinar matahari, aliran udara pada jendela dan pintu akan mempengaruhi suhu yang ada di dalam ruangan green house. Green house ini nantinya juga bisa digunakan sebagai wadah untuk menuangkan kreativitas siswa SMAN 1 Praya.

Keberadaan green house memiliki fungsi untuk menghindari terpaan air hujan yang dapat merusak tanaman. Karena air hujan dapat menyebabkan tumbuhan tersebut rusak atau mati. Karena suhu diluar ruangan yang berbeda-beda. Selain itu pula untuk menghindari lahan dari kondisi yang becek, jika lahan becek, maka struktur tanah akan berubah yang dapat menyebabkan pertumbuhan suatu tumbuhan dapat terganggu.

 Waka Humas SMAN 1 Praya, Dinamis yang juga guru biologi menjelaskan bahwa dengan adanya Green House ini bisa dimanfaatkan oleh guru biologi sebagai tempat belajar praktik secara langsung di alam. “Kami bisa mengajak siswa belajar macam-macam tumbuhan dan tanaman secara langsung di green house tersebut,” ungkap Dinamis.

Bangunan Green House SMAN 1 Praya berukuran 4 meter kali 7 meter. Cukup luas untuk menanam berbagai macam tanaman, bunga dan lain-lain. (dys)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional