SMAN 1 Praya Juara 1 Lomba Debat Bahasa Indonesia

M. Amrullah (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Tim Debat Bahasa Indonesia SMAN 1 Praya berhasil meraih juara 1 dalam ajang Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) tingkat Kabupaten Lombok Tengah. Tim LDBI SMAN 1 Praya terdiri Baiq Dila Sari Dewi, Naya Mahdiyya Sari dan Kiki Aprilia Handayani.

Kepala SMAN 1 Praya H. M. Amrullah, menyebut bahwa ketiga siswa SMAN 1 Praya tersebut dengan kecakapan berdebat dalam bahasa indonesia, berhasil meraih nilai tertinggi yakni 679 poin. Dengan nilai yang diperoleh itu mampu mengalahkan tim dari sekolah-sekolah lain.

Iklan

Adapun tim debat dari sekolah lain yang meraih juara yakni, SMAN 1 Batukliang Utara sebagai juara 2, SMAN 4 Praya sebagai juara 3 dan SMAN 1 Jonggat sebagai juara 4.

Dijelaskannya Lomba Debat Bahasa Indonesia  tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sistem lomba dilakukan secara daring. Setiap tim dari sekolah merekam timnya masing-masing dengan mosi yang telah diberikan oleh panitia. Kemudian video yang telah direkam diunggah ke YouTube untuk kemudian ditonton dan dinilai oleh dewan juri.

Dalam dua tahap proses penilaian, dewan juri kemudian menetapkan juara dalam NSDC seperti tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Cabang Dinas Dikbud Kabupaten Lombok Tengah dengan nomor: 421.3/246.a/CD-Dikbud. (dys)