SMAN 1 Mataram Jadi Rujukan Sekolah Bersih Lingkungan

Kepala SMAN 1 Mataram Kun Andrasto saat menerima kunjungan rombongan MKKS Balikpapan Kalimantan Timur memperlihatkan kondisi lingkungan sekolah. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – SMAN 1 Mataram menjadi sekolah yang terus konsisten menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Bahkan banyak sekolah luar yang belajar dari cara sekolah favorit ini mengelola lingkungan sekolah. Sebagaimana belum lama ini SMAN 1 Mataram menerima kunjungan dari Tim MKKS Balikpapan.

Kunjungan ini diikuti oleh kepala-kepala sekolah di Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Beberapa kepala sekolah juga mengikutsertakan wakil kepala sekolahnya.

Kepala SMAN 1 Balikpapan sekaligus Ketua MKKS Balikpapan Edi Effendi, menjelaskan selain bertujuan untuk menjalin silaturrahmi, kunjungan ini juga dimaksudkan sebagai studi banding perihal program-program yang dijalankan di SMAN 1 Mataram.

Kepala SMAN  1 Mataram, Kun Andrasto, S.Pd., menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kunjungan Tim MKKS Balikpapan. Kun juga menguraikan pengalaman-pengalaman baik dan menarik yang telah dialami sejak pertama kali menjabat sebagai kepala sekolah.

Kun Andrasto yang pernah menjadi Kepala SMAN 8 Mataram, SMKN 8 Mataram, SMAN 2 Mataram, SMAN 3 Mataram, dan sekarang sebagai pimpinan di SMAN 1 Mataram menyampaikan prinsip utama adalah konsisten menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.

Selain itu, pihaknya membentuk suatu budaya untuk menjaga kebersihan lingkungan pada seluruh warga sekolah. Selanjutnya, dari situasi tersebut, diharapkan budaya tersebut dapat berkembang menjadi karakter siswa.

Pada kesempatan itu diajak berkeliling melihat lingkungan sekolah. Termasuk melihat bagaimana kebersihan lingkungan sekolah. Dalam pertemuan itu, tamu undangan terlibat diskusi dengan kepala sekolah perihal pengalaman selama memimpin sekolah masing-masing.

Edi Effendi menyampaikan kekagumannya terhadap pencapaian Kepala SMAN 1 Mataram dalam pengelolaan sekolah yang bersih dan sehat. Mereka berharap Kepala SMAN  1 Mataram dapat membagi pengalamannya sehingga para tamu undangan dapat menerapkan PHBS di sekolah masing-masing. (dys)