SJP Syukuran Bantuan Homestay bersama Wabup Loteng dan Masyarakat KEK Mandalika

Anggota DPR RI, H. Suryadi Jaya Purnama, ST bersama Wakil Bupati Loteng, L. Pathul Bahri, saat menggelar syukuran rampungnya pembangunan Homestay bantuan pemerintah pusat di Dusun Grupuk, Desa Sengkol, Lombok Tengah, Minggu 3 Januari 2021. (Suara NTB/Dok SJP)

Praya (Suara NTB) – Anggota DPR RI H. Suryadi Jaya Purnama, ST bersama masyarakat penerima bantuan Program Homestay dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar acara syukuran bersama atas rampungnya pembangunan Homestay bantuan pemerintah pusat yang digelar di Balai Perikanan di Dusun Grupuk, Desa Sengkol, Lombok Tengah, Minggu 3 Januari 2021.

Dalam acara ini, turut hadir Wakil Bupati sekaligus bupati terpilih, L. Pathul Bahri, yang didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) dan Dinas Pariwisata, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim), Kabupaten Lombok Tengah.

Pada kesempatan ini, SJP menyampaikan bahwa konsep Homestay di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika ini kedepannya memang harus ditata dengan baik oleh desa agar bisa ditata dengan rapi. Selain menjadi sumber pendapatan untuk masyarakat tanpa menghilangkan kearifan lokal sebaiknya perlu dimusyawarahkan oleh desa dan kepala lingkungan setempat.

“Dalam penggelolaannya homestay di Mandalika ini sudah semestinya dikelola dengan baik, tanpa menghilangkan kearifan lokal masyarakat setempat. Selain itu, keterlibatan masyarakat lokal juga harus diperkuat,” ujar Anggota DPR RI Dapil NTB 2 ini.

Lebih lanjut, SJP berharap agar penataan kawasan lingkungan dan persiapan sumberdaya manusia setempat dipersiapkan, seperti pelatihan bagaimana menerima tamu atau pengunjung wisata yang menginap di homestay tersebut, sehingga bisa mendukung perekonomian masyarakat setempat.

“Yang tidak kalah pentingnya juga kita persiapakan bersama di homestay di Lombok Tengah ini adalah bagaimana kesiapan sumberdaya manusia masyarakat setempat yang terlibat lansung dan khususnya yang berada di kawasan Mandalika. Penguatan skill seperti, pelatihan dibidang pariwisata dan kemampuan lainnya. Saya kira, ini harus disiapkan,” harap SJP.

Pada kesempatan ini juga, Wakil Bupati Lombok Tengah L. Fathul Bahri mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPR RI H. Suryadi Jaya Purnama atau yang akrab di sapa SJP atas dedikasi dan kerja nyatanya dalam mengawal program ke Lombok Tengah.

“Mewakili pemerintah dan masyarakat Lombok Tengah, kami mengucapkan terima kasih kepada bapak H. Suryadi yang telah menyalurkan bantuan dan mengawal lansung program dari pusat ini,” kata Wakil Bupati Lombok Tengah ini.

Lebih lanjut, L. Pathul Bahri menyampaikan harapannya agar program-program untuk pariwisata di Lombok Tengah khususnya di kawasan ekonomi khusus Mandalika mendapat perhatian dalam penguatan keterampilan dalam bidang pariwisata.

“Kami sangat berharap kedepannya, kami bisa terus dibantu untuk mengakses informasi yang ada di pusat serta terus mengawal kami dalam menjalankan fungsinya sebagai Anggota DPR RI dalam membangun daerah NTB ini dan Lombok Tengah pada khususnya,” ujarnya. (tim/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here