Siswi MTsN 4 Loteng Raih Juara 3 KSMO Tingkat Provinsi

Rani Husnul Aini bersama Kepala MTsN 4 Loteng Muhammad Ahyar. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Kompetisi Sanis Madrasah Online (KSMO) adalah salah satu terobosan penting di masa pandemi covid 19 ini oleh Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia, melalui Direktorat KSKK Madrasah. Event sekali dalam satu tahun ini menjadi ajang yang dinanti civitas madrasah di tanah air.

Pelaksanaan lomba yang berbasis sains terintegrasi sesuai juknis yang ada, dilaksanakan berjenjang, di mulai dari tingkat madrasah, KKM, kabupaten, provinsi dan terakhir di tingkat nasional. Sesuai jadwal yang sudah ditentukan panitia, Kompetisi Sains Madrasah online jenjang MTs untuk  tingkat provinsi (nasional) telah dilaksanakan pada tanggal 10 November 2020 yang lalu.

Ratusan peserta mengikuti kegiatan ini , termasuk siswi MTsN 4 Lombok Tengah (Loteng) untuk semua mata pelajaran yang dilombakan. Dalam kompetisi ini, salah seorang Santri Terbaik Rani Husnul Aini, berhasil menjadi juara tiga pada mata pelajaran IPS Terpadu Terintegrasi.

” Sungguh ini merupakan kado istimewa buat civitas Madrasah dan wali santri di tengah  pandemi covid 19,” kata Kepala MTsN  4 Loteng  Muhammad Ahyar,S .Pd., mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang diraih santrinya ini.

Raihan yang sangat istimewa ini adalah buah dari ketekunan dan pembinaan yang intens selama ini. Keluarga besar MTsN  4 Loteng merasa bangga dengan prestasi Rani Husnul Aini. Di samping itu, Ia juga menyampaikan terima kasihnya kepada pembina KSM dan seluruh dewan guru yang terus memberikan dukungan kepada peserta KSMO.

Untuk diketahui, Rani Husnul Aini, adalah santri yang lahir di Desa Pejanggik, kecamatan Praya Tengah. Anak ke tiga dari empat bersaudara ini, dikenal cerdas, ramah dan mudah bergaul dengan siapa saja. Sejak di bangku Madrasah Ibtidaiyah, santri yang cukup periang ini tercatat sebagai siswa langganan juara. Bahkan oleh teman-temannya, dijuluki sebagai bintang kelas.

Pembina KSM Mata pelajaran IPS Terpadu, Rohanah, SE., menyatakan, selama lebih dari tiga bulan ia membina Rani dengan sistem daring maupun luring.

“Karena pandemi covid 19, pembinaan yang saya lakukan selama ini adalah dengan cara online dan tatap muka, persiapan yang cukup maksimal ini alhamdulillah, membuahkan hasil yang membanggakan. Semoga prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi santri yang lain, dan khusus untuk Rani, mudah-mudahan terus berprestasi di masa mendatang,” ungkap Rohana.

Sementara itu Rani Husnul Aini, menyampaikan terimakasihnya kepada kepala madrasah, pembina dan semua dewan Guru yang selama ini mendukung persiapannya mengikuti KSMO tahun ini. Dia berharap ke depannya ada  santri MTsN i 4 Loteng yang meraih prestasi terbaik di ajang KSM tingkat provinsi dan nasional. (dys)