Siswi MTsN 2 Loteng Masuk Final Olimpiade IPA 2021

Siswi MTsN 2 Loteng masuk ke final olimpiade IPA yang digelar MAN 2 Mataram.(Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Pekan Kreasi dan Seni (PEKSI) yang digelar oleh Madrasah Aiyah Negeri 2  (MAN) 2 Mataram, Rabu 7 April memasuki babak final untuk mata lomba olimpiade mata pelajaran.

Sebanyak 316 peserta dari beberapa provinsi, seperti NTB, Bali, NTT, Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi tersebut, terdistribusi dalam beberapa mata lomba. Seperti olimpiade mata pelajaran, pidato bahasa inggris dan arab, kaligrafi, tahfidz, dan cipta cerita pendek. Di antara mata lomba yang banyak diikuti adalah olimpiade matematika dan IPA terintegrasi untuk jenjang MTS dan sederajat.

Iklan

Kegiatan yang didukung oleh beberapa instansi dan perusahaan ini mendapat banyak atensi positif dari berbagai kalangan, khususnya lembaga-lembaga penyelenggara pendidikan. MTSN 2 Lombok Tengah temasuk salah satu madrasah yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Menurut Waka Kesiswaan madrasah setempat Muhammad Saman, S.Ag, mata lomba yang diikuti adalah olimpiade IPA dan Matematika, Tilawah, Pidato bahasa Inggris dan Arab.

Sesuai jadwal yang ada, ujarnya, Rabu kemarin, adalah lomba olimpiade IPA dan Matematika memasuki babak final setelah hari Senin lalu diadakan penyisihan.

Salah seorang peserta dari MTS Negeri 2 Lombok Tengah atas nama Baiq Niraswari Yolanda Fathin menjadi salah satu siswi yang berhasil masuk di babak final (10 besar).

“Siswi kelas delapan ini ikut pada mata lomba Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terintegrasi,” ujarnya.

Pembina olimpiade IPA MTSN 2 Loteng Zainuddin, S.Pd., menyatakan, pada event Peksi tahun ini, sebanyak tiga siswi mengikuti kegiatan ini yaitu Baiq Niraswari Yolanda Fathin, Baiq Irmalia dan Rachel Nurmustika Maharani.

Zainuddin menambahkan, persiapan untuk mengikuti lomba ini hanya dua pekan. Karena keterbatasan waktu yang ada dan suasana covid yang masih menjadi kendala dalam berinteraksi, persiapan dan pembinaan kepada peserta olimpiade ini hanya dua minggu saja, itupun hanya tiga kali dalam sepekan.

“Metode pembinaannya dengan dua cara yaitu tatap muka langsung dan sistem online. Mudah-mudahan minimnya waktu pembinaan ini dapat menghantar Yolanda menjadi yang tebaik,” ungkap Zainuddin.

Masuknya salah satu siswi ke babak final (10 besar), di sambut rasa bangga dan haru civitas madrasah setempat. Kepala MTsN 2 Lombok Tengah Masdiono, S.Ag., M.Pd., mengungkapkan, prestasi Yolanda ini menjadi catatan terbaik di masa Covid-19 19, ini harus diberikan penghargaan kepadanya.

 “ Prestasi yang ditoreh Baiq Niraswari Yolanda Fathin ini merupakan kado madrasah di musim Corona ini, dengan peserta yang jumlahnya banyak dari berbagai daerah di Indonesia, sungguh sesuatu yang sangat istimewa bisa masuk nominasi di babak final. Kepadanya dan bapak pembina olimpiade IPA insya Allah akan kita berikan reward, mari kita ber do’a semoga di babak bergengsi ini, Yolanda bisa meraih juara pertama,” harap Masdiono.

Mengutip laman panitia penyelenggara lomba (PEKSI) MAN 2 Mataram tahun 2021, berikut nama – nama peserta olimpiade IPA yang masuk 10 besar dan berhak mengikuti babak Final yakni Chloe Xing (SMPK Santu Petrus, Raihan Jihad Firdaus (MTs N 1 Mataram), Zafira Agnia Fadila (MTs N 1 Mataram), Ellysha Fairy Lovely (SMP N 2 Mataram), Daffa Alif Rabbani (MTs N 1 Mataram), Imelda Tiara Rianti (MTs N 2 Lombok Timur), Aiytun Nisfah (MTs N 1 Kota Bima), Baiq Niraswari Yolanda Fathin (MTsN 2 Lombok Tengah), M.Fadlil Akbar (Mts N 1 Kota Bima), dan Jesika Febiana (Mts N 2 Lombok Timur). (dys)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional