Siswa SMKN 2 Mataram Diberi Pemahaman Sensus Penduduk

Sosialisasi sensus penduduk yang digelar BPS di SMKN 2 Mataram, Senin (27/1). (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Siswa SMKN 2 Mataram beruntung mendapatkan sosialisasi dari Badan Pusat Statistik (BPS) Mataram, Senin, 27 Januari 2020.  Ada banyak ilmu yang diberikan pihak BPS. Mereka memberikan warga SMKN 2 Mataram banyak pengetahuan dan ilmu melalui kegiatan sosialisasi mengenai sensus penduduk. Pengetahuan dan ilmu ini jarang didapatkan. Bahkan, jarang-jarang kegiatan sosialisasi mengenai sensus penduduk ini diadakan selama 10 tahun sekali.

Kepala BPS Mataram Isa Ansori, SE., MM., yang memberikan materi kepada warga SMKN 2 Mataram, menjelaskan, sosialisasi sensus penduduk berbeda dari sebelumnya, karena sensus penduduk kali ini dipadukan dengan sensus penduduk berbasis online.

Iklan

Sensus penduduk berbasis online ini hanya membutuhkan data yang diberikan melalui Dukcapil, yakni seperti KTP, KK,dan, akte perkawinan. Cara ini sangat mudah dilakukan, karena masyarakat hanya disuruh untuk membuka laman website BPS.

“Kemudian kita akan menginput data yang tertera di dalamnya, dengan menggunakan KTP dan KK, dan lebih asyiknya lagi, ketika kita sudah menginput data, kita disuruh untuk membuat password sendiri, sehingga sulit diketahui oleh orang lain dan data tersebut akan dijamin oleh undang-undang,” jelasnya.

Menurutnya, tujuan diadakannya sensus penduduk berbasis online ini ialah agar pemerintah mengetahui jumlah penduduk, mengetahui karakteristik penduduk, distribusi penduduk, menyatukan semua data kependudukan, sehingga menjadi satu, dan agar pemerintah mengetahui data terbaru kependudukan.

Sementara Kepala SMKN 2 Mataram H. Hudri Achmad mengaku pihaknya sangat antusias menerima kedatangan BPS Mataram tersebut dari sejak awal kedatangannya. Termasuk pula sangat bersykur sekolahnya dijadikan lokasi sosialisasi sensus penduduk. Sehingga bertambahlah pengetahuan yang diperoleh para siswa dan guru mengenai sensus penduduk.

Di akhir kegiatan Tim BPS Mataram mengadakan kuis untuk siswa dan guru-guru yang ada di SMKN 2 Mataram. Setiap siswa yang bisa menjawab pertanyaan mengenai informasi yang sudah di sampaikan, maka dia akan mendapatkan hadiah dari Tim BPS Mataram. (dys)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional