Siswa SMAN 4 Mataram Raih Pembicara Terbaik di Lomba Debat Bahasa Indonesia

Tim debat SMAN 4 Mataram pada lomba debat bahasa Indonesia, Sukma Ningrum, Nabila Anindya, dan Kadek Argianti (dari kiri ke kanan) yang berhasil meraih juara tiga. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Siswa SMAN 4 Mataram berhasil meraih penghargaan pembicara terbaik pertama dan pembicara terbaik ke dua, serta meraih juara tiga tim terbaik pada lomba debat bahasa Indonesia se-Pulau Lombok yang dilaksanakan di SMAN 1 Mataram, pada Minggu, 22 Februari 2020.

Tim debat bahasa Indonesia dari SMAN 4 Mataram yang meraih juara tiga tim terbaik terdiri dari siswa Kelas X, yaitu Sukma Ningrum, Nabila Anindya, dan Kadek Argianti. Pada lomba itu dipilih 10 orang nominasi pembicara terbaik, dua orang siswa SMAN 4 Mataram berhasil terpilih sebagai pembicara terbaik satu dan pembicara terbaik dua. Kadek Argianti berhasil meraih pembicara terbaik satu dan pembicara terbaik dua diraih Nabila Anindya.

Iklan

Kepala SMAN 4 Mataram, Drs. Jauhari Khalid, menyampaikan pihaknya sudah mempersiapkan siswa dalam lomba sejak jauh hari. Terlebih lagi lomba ini salah satu kegiatan sampai tingkat nasional. Raihan prestasi itu dirasa membanggakan karena lomba ini diikuti oleh sekolah se-Pulau Lombok. “Kami sudah menyiapkan siswa sebelumnya,” katanya.

Menurutnya, lomba debat ini penting untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara. Termasuk bisa melatih siswa untuk terus membaca agar mengetahui informasi terbaru. Siswa juga menjadi terbiasa berpikir kritis, karena dituntut untuk berpikir kritis saat berdebat.

“Ini bisa mengasah kemampuan siswa. Di samping bisa membuat sisaa terus membaca agar mengetahui informasi terbaru. Selain itu bisa melatih mental siswa ketika berbicara di hadapan orang banyak,” kata Jauhari Khalid. (ron)