Siswa SMA Diduga Sebar Foto Bugil Pacar Dilimpahkan ke Kejati NTB

Mataram (suarantb.com) – Kasus yang melibatkan siswa salah satu SMA di Mataram yang diduga menyebarkan foto bugil kekasihnya, akhirnya dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTB, Rabu, 12 Oktober 2016. MS (20) diduga menyebarluaskan foto bugil E (13) yang masih duduk di bangku SMP di Mataram.

MS diduga menguras isi dompet kekasihnya dengan mengancam akan menyebarkan foto bugil kekasihnya ke teman-temannya. Hal tersebut terjadi April 2016 lalu. Meskipun telah diberi uang, pelaku tetap saja tega menyebarkan foto bugil kekasihnya ke teman-temannya.

Iklan

Kasubdit II Cyber Crime Ditreskrimsus Polda NTB, AKBP Darsono Setyo Adjie menjelaskan, modus yang digunakan pelaku dengan cara meminta foto bugil korban melalui BBM. Setelah mendapatkannya, pelaku kemudian melakukan pemerasan terhadap korban.

“Modusnya adalah meminta pertemanan melalui BBM, selanjutnya minta foto bugil korban kemudian dipasang di BBM. Selanjutnya dengan dipasangnya foto di DP BBM, tersangka selanjutnya melakukan pemerasan dengan meminta sejumlah uang ke korban,” ujar Darsono pada suarantb.com, Rabu, 12 Oktober 2016.

Darsono juga menambahkan bahwa kejadian tersebut terjadi sejak April 2016, kemudian baru dilaporkan pada Juni 2016. Pemerasan yang dilakukan pelaku mulai terbongkar ketika orang tua korban merasa curiga uang jajan putrinya selalu habis tak tersisa. Tidak seperti biasa putrinya juga membawa jajan sepulang sekolah. Bahkan sering kali terlambat pulang sekolah.

Setelah ditanya, ternyata korban mengakui pemerasan yang dilakukan pelaku. Akhirnya orang tua korban melaporkan kasus tersebut pada pihak yang berwajib.

Pelaku diancam dengan pasal 27 ayat (1) dan ayat (4) undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), terkait penyebaran informasi elektronik yang memiliki muatan melanggar kesusilaan dan muatan pemerasan atau pengancaman. (szr)