Siswa Bertambah, Dana BOS di Sumbawa 2021 Bertambah

Surya Darmasya. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2021 di Sumbawa bertambah. Seiring dengan adanya ketambahan jumlah siswa berdasarkan Dapodik.

Sebagaimana disampaikan Sekretaris Dinas Dikbud Sumbawa, Ir. Surya Darmasya, total dana BOS tahun 2021 untuk SD dan SMP sekitar 64 Miliar. Ada ketambahan dari tahun 2020 sekitar 63 Miliar lebih. Karena tahun ini berdasarkan Dapodik terjadi penambahan jumlah siswa. “Ada jumlah siswa yang bertambah pada sejumlah sekolah,”terangnya.

Iklan

Namun tahun ini BOS berubah struktur penganggarannya disesuaikan Permendagri No. 90 tahun 2020. Terjadinya perubahan siginifikan khusus di pengelolaan BOS. Kalau dulunya anggaran BOS tersentral di Sekretariat Dinas Dikbud. Sementara tahun ini dana BOS pindah ke bidang sesuai jenjangnya. “Kalau BOS SD pindah ke Bidang Pembinaan SD, kalau BOS SMP pindah ke bidang SMP. Inilah yang harus disiapkan baik personil maupun administrasi lainnya. Sehingga kita masih meraba raba seperti apa pelaksanaannya nanti,”terangnya.

Sebab menurutnya, dana BOS yang terpusat di Sekretariat saja masih cukup kesulitan. Hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap serapan anggaran dinas secara keseluruhan. Apalagi kalau dana BOS telat masuk dari pusat, maka penyerapan anggarannya juga akan semakin lambat. Belum lagi soal pelaporan pelaksanaan dana BOS. (arn) 

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional