Sisa Dua Tahun, Bupati Fokus Memimpin Lotim

H. M. Sukiman Azmy (Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB) – Bupati Lombok Timur (Lotim), H. M. Sukiman Azmy menyatakan sisa dua tahun ke depan memimpin Lotim ia akan fokuskan pada tiga hal, yakni Infrastruktur, pendidikan dan kesehatan. Selain tiga hal fokusnya itu, katanya diserahkan pada Wakil Bupati H. Rumaksi Sjamsuddin.

Penegasan bupati ini disampaikan Bupati Lotim dalam acara refleksi tiga tahun kepemimpinannya bersama H. Rumaksi Sjamsuddin di Pendopo Bupati, Senin, 27 September 2021. Alasan bupati memilih tiga fokus tersebut, karena dianggap bertautan langsung dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Lotim.

Iklan

Tekadnya, akhir masa jabatannya 2023 mendatang IPM Lotim setidaknya berada di peringkat ke 7 dari 10 kabupaten/kota se NTB. Diketahui, posisi Human Development Index Lotim saat ini berada di posisi ke 8. Sebelumnya posisi ke 9 dari 10 kabupaten/kota se NTB.

Pertama, infrastruktur dipilih menjadi fokus karena masih  banyak yang harus dibangun. Utamanya  infrastruktur jalan dan air. Dirinya bertekad jalan di Lotim mulus sepanjang jalan, air mengalir sepanjang hari dan akan terus diwujudkan dan bisa tuntas 2023 mendatang.

Kedua, bidang pendidikan diakui banyak lembaga belum terbangun. Mulai dari sekolah korban gempa 2018-2019 lalu.  Pascagempa sekolah darurat saja yang dibangun. Untuk sekolah-sekolah ini, sudah ada kesanggupan dari Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) untuk membantu renovasi sekolah-sekolah. “Lotim tak mampu bangun sekolah, satu unit Rp 5-10 miliar,” sebutnya.

Berikutnya bidang kesehatan seiring dengan perbaikan fasilitas kesehatan diharapkan bisa meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Kasus  ibu dan anak yang meninggal banyak di rumah sakit. Hal ini karena terlambat rujukan. Keterlambatan merujuk inilah yang membuat banyak tak bisa diselamatkan. Seluruh kepala puskesmas diingatkan agar tidak lagi terlambat merujuk. “Jika ada kepala puskesmas terlambat merujuk, maka akan dicopot,” tegasnya. (rus)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional