Sirkuit Mandalika, Salah Satu Sirkuit dengan Daya Tampung Terbesar di Dunia

Chief Strategic and Communication Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA), Happy Harinto, saat memberikan keterangan, di Kawasan Pantai Kuta, Senin, 27 September 2021. (Suara NTB/kir)

JADWAL gelaran balapan World Superbike (WSBK) Championship tahun 2021 di sirkuit internasional  Mandalika sudah ditetapkan tanggal 19-21 November mendatang. Hanya saja, untuk penjualan tiket balapan, sampai saat ini belum ditentukan kapan akan dibuka. Karena masih harus menunggu penetapan alokasi jumlah penonton yang diperolehkan oleh Pemerintah Pusat.

Demikian diungkapkan Chief Strategic and Communication Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA), Happy Harinto, kepada wartawan, di Kawasan Pantai Kuta, Senin, 27 September 2021. ‘’Untuk penjualan tiket WSBK, yang jelas segera. Tapi saat ini masih harus menunggu keputusan Pemerintah Pusat terlebih dahulu soal berapa jumlah penonton yang diperbolehkan untuk datang menyaksikan balapan secara langsung di sirkuit,’’ sebutnya.

Iklan

Ia mengatakan, jumlah penonton yang diperbolehkan menonton balapan langsung di sirkuit oleh Pemerintah Pusat akan dibatasi. Mengingat, saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19. Jangan sampai gelaran WSBK nantinya justru bisa memicu kenaikan kasus Covid-19 di daerah ini, kalau jumlah penonton tidak dibatasi.

‘’Pada pelaksanaan balapannya nanti juga akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mulai dari pintu masuk kedatangan, baik itu bandara maupun pelabuhan. Sampai di area sirkuit sendiri,’’ terangnya.

Happy mengatakan, untuk daya tampung penonton sirkuit internasional Mandalika sendiri cukup besar. Mencapai 168 ribu orang. Sehingga menjadikan sirkuit internasional Mandalika sebagai salah satu sirkuit dengan daya tampung terbesar di dunia. “Kita tunggu saja keputusan pusat. Kalau kuota penonton sudah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, penjualan tiket akan segera dibuka,’’ terangnya.

Kalau dari MGPA sendiri pada prinsipnya mengikuti saja. Dan, fokus MGPA saat ini bagaimana menyelesaikan pembangunan Sirkuit Mandalika. Supaya bisa benar-benar siap pada waktunya.

Diakuinya, antusiasme masyarakat untuk bisa menonton langsung WSBK di Sirkuit Internasional Mandalika cukup tinggi. Selain karena ini merupakan balapan WSBK pertama setelah terakhir digelar tahun 1997 silam, balapan di Sirkuit Internasional Mandalika juga merupakan penutup dari seri balapan WSBK musim 2021. Sehingga akan sangat menentukan siapa yang akan keluar sebagai juara WSBK tahun ini.

“Sebagai seri penutup, balapan di Sirkuit Internasional Mandalika akan menyajikan keseruan. Inilah yang membuat balapan WSBK di Sirkuit Mandalika sangat ditunggu-tunggu para penggemar balap dunia,’’ tutup Happy. (kir)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional