Sirkuit Mandalika Gelar Tiga Balapan Sekaligus, IATC Jadi Pembuka

Ricky Baheramsjah (Suara NTB/dok)

Praya (Suara NTB) – Ajang balapan dunia World Superbike (WSBK) bakal mulai digelar di sirkuit internasional Mandalika,  Jumat (hari ini). Dengan menggelar tiga balapan sekaligus. Di mana balapan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) sebagai balapan pembuka yang sebelumnya sempat tertunda. Dilanjutkan kemudian dengan balapan World Super Sport (WSSP) dan World Superbike (WSBK), sebagai balapan pamungkas.

Sesuai jadwal resmi yang diterima Suara NTB, Kamis, 18 November 2021, ajang WSBK perdana di sirkuit internasional Mandalika akan dimulai dengan free practice 1 untuk IATC, WSSP dan WSBK pada Jumat pukul 09.15 wita. Dengan dua kali free practice dan akan ditutup dengan race pertama IATC.

Iklan

Selanjutnya pada Sabtu, ada kualifikasi dan race kedua serta ketiga IATC. Kemudian superpole untuk WSSP dan race pertama untuk WSSP serta WSBK. Dan, pada Minggu, 21 November 2021 akan diisi race keempat untuk IATC serta race kedua untuk WSSP dan WSBK. Kemudian ditutup dengan penyerahan juara untuk WSSP dan WSBK. Untuk kegiatan sore mulai hari Jumat hingga Minggu diiisi dengan Mandalika Experience yang menghadirkan sejumlah arti ibu kota.

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku penyelenggaran sendiri telah menetapkan sejumlah regulasi yang wajib dipatuhi bagi penonton saat menyaksikan event di WSBK di sirkuit internasional Mandalaika. Yang paling utama, penonton wajib memiliki tiket dengan anak berusia dibawah 12 tahun tidak diperkenankan untuk menonton.

Penonton juga sudah dua kali vaksin Covid-19. Dengan menunjukkan hasil negatif swab antigen yang tes dilakukan maksimal 1×24 jam dan RT-PCR maksimal 3×24 jam. Dan, sudah harus mengundur aplikasi PeduliLindungi di handphone adroidnya serta melakukan pemidaian QR Code ketika memasuki area Sirkuit.

Apabila penonton belum terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi, diwajibkan untuk menunjukkan hasil tes swab antigen/PCR dari Rumah Sakit/Klinik serta sertifikat vaksin dengan prosedur yang telah ditentukan. “Penonton wajib duduk di kursi tribun penonton yang sesuai dengan kategori tiket yang dibeli dan tidak diperkenankan masuk ke area-area yang dibatasi atau dilarang aksesnya,” sebut Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah.

Guna mengantisipasi cuaca terik ataupun hujan, penonton disarankan untuk membawa kacamata hitam, sunscreen, topi dan jas hujan. Namun penonton tidak diperkenankan membawa payung, senjata atau benda berbahaya, drone, wadah kaca, tongkat selfie atau benda besi lainnya. Termasuk benda atau cairan yang mudah terbakar, ransel atau tas besar, laser, minuman beralkohol, poster bendera maupun spanduk, terompet, serta makanan dan minuman dari luar.

“Penonton tidak diperbolehkan untuk melakukan filming atau mengambil video, termasuk live video, dari segala penjuru atas area sirkuit dan track balap, menggunakan kamera profesional maupun handphone,” imbuhnya.

Regulasi tersebut berlaku selama event WSBK, WSSP dan IATC berlangsung di sirkuit internasional Mandalika. Semua itu semata demi keamanan dan kenyamanan penonton dalam menonton event balapan. Harapannya balapan dapat berjalan lancar dan sukses. (kir)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional