Sirkuit Mandalika Dipastikan Gelar MotoGP dan WSBK 2022

Sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit . (Ekbis NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Selain menjadi tuan rumah gelaran MotoGP pada Maret 2022 mendatang, Indonesia juga dipastikan bakal kembali menggelar event World Superbike (WSBK). Dengan begitu, Indonesia akan menjadi tuan rumah dua event balap kelas dunia sekaligus dalam satu tahun Dengan Pertamina Mandalika International Street Circuit sebagai lokasi gelaran.

Dalam rilis kalender balapan sementara yang diterima Suara NTB, Jumat, 26 November 2021, seri balapan WSBK Indonesia di sirkuit internasional Mandalika bakal digelar pada tanggal 11-13 November 2022. Di mana Indonesia bakal menggelar seri ke 11 dari 13 seri balapan WSBK yang direncanakan. Tidak lagi menjadi seri pamungkas seperti kalender balapan pada tahun ini.

Iklan

“Ada 13 seri balapan yang direncanakan,” sebut WorldSBK Executive Director, Gregorio Lavilla, dalam keterangannya.

Seri balapan pembuka sendiri bakal digelar di sirkuit Aragon, Spanyol mulai tanggal 8 sampai 10 April 2022. Sedangkan Australia sebagai penyelenggara seri balapan ke 12 setelah Indonesia, kemungkinan bakal menjadi seri balapan penutup.

Pasalnya seri balapan ke 13 sampai kini masih menunggu pengumuman lebih lanjut terkait tempat dan waktu pelaksanaannya. Karena masih memerlukan analisis lebih lanjut terkait mobilisasi logistik balapan. Di mana untuk tanggal pelaksanaan balap WSBK di Australia juga masih menunggu pengumuman lebih lanjut dengan Phillip Island Grand Prix Circuit sebagai lokasi balapan.

Ada 10 negara yang bakal menggelar event balapan yang menggunakan sepeda motor komersil dengan kapasitas mesin hingga 1.000 cc tersebut, yakni Spanyol, Belanda, Portugal, Italia, Inggris, Republik Ceko, Prancis, Argentina, Australia dan Indonesia. Sementara Spanyol dan Portugal mendapat jatah dua kali menggelar balapan.

Sama halnya dengan Indonesia, negara-negara yang menggelar seri balapan WSBK juga menggelar balapan MotoGP di tahun yang sama. “Khusus untuk Pertamina Mandalika International Street Circuit, kami menanti aksi yang fantastis lainnya,” sebut Gregorio seraya menambahkan sirkuit internasional Mandalika sendiri akan menggelar dua balapan untuk seri balapan WSBK, yakni WSBK serta World Super Sport (WSSP).

Sementara itu, logistik balapan WSBK, Kamis, 25 November 2021 malam sudah diterbangkan menuju Doha Qatar. Menggunakan pesawat Boeing 777F, dengan membawa sebanyak 30 box logistik WSBK berisikan sepeda motor balap. Proses pengiriman logistik WSBK dari sirkuit menuju Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) dilakukan di bawah pengawalan ketat aparat kepolisian dan TNI.

Dandim 1620/Loteng, Letkol. Inf. I Putu Tangkas Wiratawan bersama Kapolres Loteng, AKBP Hery Indra Cahyono, S.IK. turun langsung memimpin pengamanan pengiriman logistik WSBK, bersama perwakilan Lanud ZAM, Letkol Lek. Riki Husman S.Si,T, M.Han, serta General Manager (GM) PT. Angkasa Pura I Lombok International Airport (LIA), Nugroho Jati. Logistik diangkut menggunakan pesawat kargo khusus. (kir)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional