Sirkuit Balap Sepeda Standar Internasional Meninting Ditargetkan Tuntas Maret 2021

Ilustrasi balap sepeda.(Gambar oleh Nick Williamson dari Pixabay)

Mataram (Suara NTB) – Selain Sirkuit MotoGP Mandalika di Lombok Tengah, juga sedang dibangun Sirkuit Balap Sepeda atau yang disebut Bike Park Meninting Lombok Barat (Lobar). Pembangunan Bike Park di Meninting berstandar internasional, ditargetkan rampung pada Maret 2021.

Kepala Dinas PUPR NTB, H. Sahdan, ST, MT mengatakan, meskipun dalam kontrak pengerjaan pembangunan Bike Park Meninting hingga Maret 2021. Namun, kontraktor yang mengerjakan proyek tersebut optimis dapat menyelesaikan pekerjaannya lebih awal, atau pada Desember mendatang.

Iklan

‘’Sesuai kontraknya, itu selesai bulan Maret 2021. Tapi waktu saya monev dua minggu kemarin,  akan diselesaikan sampai Desember. Walaupun kontrak sampai Maret 2021,’’ kata Sahdan dikonfirmasi Suara NTB, Minggu, 13 September 2020 siang kemarin.

Pembangunan Bike Park Meninting dilakukan oleh Kementerian PUPR melalui Satker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi NTB dengan pagu anggaran sebesar Rp18,98 miliar. Proyek tersebut dimenangkan PT. Sibawae Angkasa Putra dengan nilai kontrak sebesar Rp17,068 miliar.

“Bike Park Meninting ini kita kerja patungan bersama Kementerian PUPR. Pemprov NTB menyiapkan lahan dan desainnya sama ada beberapa bagian pekerjaan termasuk jalan aksesnya kita yang kerjakan. Sedangkan APBN, dia mengerjakan pekerjaan utamanya,” jelasnya.

Sesuai desain yang telah dibuat, nantinya dibangun lima buah kolam. Kemudian di atas kolam tersebut, dibangun trek atau jalur untuk sepeda. Ia mengatakan Bike Park Meninting ini akan menjadi destinasi wisata minat khusus. Bike Park Meninting dibangun di atas lahan seluas 2 hektare milik Pemprov NTB.

“Di atas kolam, nanti dibuat trek bersepeda. Wisata minat khususnya di situ. Ada uji nyali orang-orang yang bersepeda. Bike Park ini dibangun pada lahan seluas 2 hektare. Tapi nanti Lombok Barat akan mengembangkan. Akan diintegrasikan dengan program Pemda Lombok Barat,” kata Sahdan.

Sahdan mengatakan, sudah menggelar rapat dengan Pemkab Lombok Barat. Bahwa di sekitar Bike Park Meninting akan dikembangkan menjadi destinasi wisata baru yang bernuansa olahraga atau sport tourism. Nantinya, Bike Park Meninting akan menjadi lokasi pelaksanaan event-event balap sepeda.

“Harapannya membangkitkan lagi objek wisata di Senggigi. Mudah-mudahan menjadi daya tarik tersendiri,” pungkasnya. (nas)