Siniar Diharapkan Bisa Tingkatkan Kualitas Layanan Publik Pendidikan

Kepala LPMP NTB Mohammad Mustari (kiri) dalam bincang santai di Podcast LPMP NTB belum lama ini. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi NTB (LPMP Provinsi NTB) pada akhir tahun 2020 mendapatkan Piagam Penghargaan sebagai salah satu Satuan Kerja Pelayanan berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Untuk mempertahankan predikat tersebut pimpinan dan seluruh pegawai perlu terus menegakkan komitmen bersama dan melakukan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui inovasi layanan. Salah satunya yang sedang dikembangkan adalah melalui Siniar atau Podcast.

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi NTB (LPMP Provinsi NTB) Mohamad Mustari, Ph.D., menjelaskan, Siniar adalah sebagai media komunikasi dan sosialisasi kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi (Kemdikbudristek) dan juga untuk media promosi praktik baik atau best practice kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, baik di satuan pendidikan maupun Dinas Pendidikan di masing-masing wilayah.

Iklan

“Untuk ke depannya Siniar bisa dimanfaatkan oleh siswa atau guru yang memiliki prestasi baik dibidang akademik maupun non akademik, untuk memberi motivasi kepada siswa lain supaya siswa meningkatkan prestasi serta mutu pendidikan bagi satuan pendidikan,” jelasnya.

Ketua Tim Bincang Santai (BISA), Yuyun Sambodo, S.Si.,M.Pd. mengungkapkan, tujuan Siniar sebagai media komunikasi yang dimanfaatkan bukan saja untuk berkomunikasi dengan orang lain, tapi juga saling berbagi informasi yang menarik dan penting terkait pendidikan. “Ini termasuk satu cara mengoptimalkan media sosial atau YouTube LPMP Provinsi NTB. Terkait dengan narasumber selain dari LPMP Provinsi NTB juga dari pihak luar yang berkecimpung dalam dunia pendidikan,” ujar Yuyun.

Ketua Tim Pembangunan ZI WBK/WBBM Musmuliadi, S.Si.,M.Pd., menjelaskan, LPMP Provinsi NTB semakin memantapkan diri untuk memperluas media pelayanan kepada publik pendidikan, khususnya di NTB. Sebagai upaya memperluas jangkauan tersebarnya informasi pendidikan, mempemudah pemangku kepentingan dalam memperoleh informasi pendidikan dan tidak membosankan, LPMP Provinsi NTB mengemas bentuk penyampaian informasi dengan pola dialog. Dialog bersama Narasumber dalam Siniar LPMP Provinsi NTB Bisa”.

“Kami berharap dialog-dialog pada Siniar tersebut dapat menjadi salah satu referensi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di NTB”, harapnya.

Drs. I Made Murta Astawa, M.Pd. Widyaprada salah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) LPMP Provinsi NTB memberikan apresiasi, atensi, dan penghargaan setingi-tingginya kepada manajemen dan seluruh warga LPMP Provinsi NTB yang telah kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas berinovasi dalam pelayanan publik melalui Siniar Bincang Santai (BISA). Ke depan diharapkan Siniar Bisa mengakselerasi peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Kita berdoa dan berharap dengan komitmen bersama antara pimpinan dan seluruh pegawai serta motto bersama menjamin mutu, melayani sepenuh hati melalui Siniar BISA meningkatkan kualitas  pelayanan publik untuk mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI WBBM),” pungkas Made. (ron)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional