Sinergi BPN – PLN Berhasil Selamatkan Aset Negara di NTB

Penyerahan sertifikat tanah oleh Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Nusa Tenggara Barat, Slameto Dwi Martono kepada General Manager PLN UIP Nusa Tenggara, Yuyun Mimbar Saputra, pada acara Rapat Kerja Daerah Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi NTB, Selasa, 15 Desember 2020. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Nusa Tenggara (Nusra) dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Nusa Tenggara Barat melanjutkan tren positif sinergisitas yang sudah terjalin dengan telah berhasil dilakukannya pengamanan aset negara sejumlah 147 bidang yang tersebar di Provinsi NTB. Sampai dengan pertengahan bulan Desember 2020, BPN Provinsi NTB dan PLN UIP Nusra secara total telah mensertifikatkan aset milik PLN sejumlah 273 bidang aset negara berupa bidang tanah lokasi pembangkit, transmisi, dan gardu induk.

Penyerahan sertifikat tanah tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Nusa Tenggara Barat, Slameto Dwi Martono, S.H., M.H., kepada General Manager PLN UIP Nusa Tenggara, Yuyun Mimbar Saputra, yang sekaligus menjadi salah satu rangkaian acara Rapat Kerja Daerah Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi NTB pada Selasa, 15 Desember 2020.

Yuyun pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa, melalui pensertifikatan aset negara ini merupakan sebuah langkah memberikan kepastian hukum terhadap aset-aset negara yang di kelola oleh PLN. Dan merupakan langkah preventif supaya lahan-lahan aset tersebut tidak salah digunakan dan tentunya optimalisasi pemanfaatannya dikemudian hari.

“Pada kesempatan kali ini, kami menerima 147 sertifikat bidang tanah aset PLN, dan ini merupakah langkah nyata wujud sinergisitas antar lembaga dalam membangun tata kelola yang lebih baik dan tentunya menunjang aktivitas penyediaan tenaga listrik di NTB,” kata Yuyun.

Yuyun juga menambahkan, langkah strategis ini merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani bersama oleh seluruh Kepala Kantor BPN di Provinsi NTB dengan PLN UIP Nusra, yang merupaka tindak lanjut terhadap MoU Direktur utama PLN bersama Menteri ATR/BPN pada tanggal 12 November 2019 silam.

“Semoga sinergisitas antara PLN dan BPN Provinsi NTB kedepannya semakin harmonis dan semakin baik lagi, mengingat begitu banyak pekerjaan rumah yang harus segera dilakukan terkait tata kelola dan pengoptimalan aset milik PLN,” demikian Yuyun.(bul)