Simulasi Pekan Depan, Sekolah di Mataram Perkuat Sosialisasi Belajar Tatap Muka

Seseorang petugas menyemprot disinfektan di SMPN 14 Mataram sebagai persiapan simulasi pembelajaran tatap muka yang akan dilaksanakan pada pekan depan. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) — Pemerintah Kota Mataram memastikan simulasi pembelajaran tatap muka bagi sekolah jenjang pendidikan dasar akan dimulai pada pekan depan. Sejumlah sekolah telah mempersiapkan simulasi tersebut. salah satu yang diperkuat mengenai sosialisasi pembelajaran tatap muka (PTM) kepada warga sekolah.

Kepala SMPN 14 Mataram, Chamim Tohari pada Jumat, 8 Januari 2021 menyampaikan, sejak direncanakan simulasi pada tanggal 5 Januari 2021 lalu, pihaknya telah mempersiapkan pembelajaran tatap muka.

Menurutnya, yang tidak kalah penting yaitu sosialisasi kepada warga sekolah. Sosialisasi kepada siswa dan orang tua siswa melalui daring dan penjelasan langsung kepada orang tua siswa ketika mengambil soal ulangan semester maupun pengambilan rapor.

“Pemasangan spanduk kawasan wajib masker dan melaksanakan 3M disusun strategis di lingkungan sekolah,” ujar Chamim.
Di samping itu, dilakukan juga pembentukan tim satuan tugas Covid-19 di sekolah. Pihaknya juga menyusun standar operasional prosedur pembelajaran tatap muka. Chamim juga menyampaikan, pihaknya menyiapkan sarana dan prasarana tempat cuci tangan, tempat hand sanitizer di setiap ruangan. “Kami juga menyiapkan masker, face shield, menyiapkan toilet, dan pengaturan meja kursi sesuai protokol kesehatan,” katanya.

Dihubungi terpisah, Kepala SMPN 6 Mataram, Azizudin juga menyampaikan pihaknya telah melakukan sosialisasi ke guru, orang tua siswa, siswa, dan masyarakat. Selain itu, persiapan berbagai persyaratan yang tertuang di standar operasional prosedur dan protokol kesehatan cegah penularan Covid-19.

Simulasi akan digelar pada Senin, 11 Januari 2021. Sekolah diingatkan melaksanakan standar prosedur tetap protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Rekomendasi pembelajaran tatap muka diberikan setelah rapat antara Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dewan Pendidikan serta Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Mataram, Rabu, 6 Januari 2021. (ron)