Simulasi Buat Siswa Terbiasa Hadapi UNBK

Siswa SMPN 22 Mataram tengah fokus mengikuti Simulasi UNBK, Kamis, 7 Februari 2019. (Suara NTB/ron)

Mataram (Suara NTB) –  Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP dilaksanakan sejak Senin, 4 Februari sampai dengan Jumat, 8 Februari 2019. Simulasi ini langsung dari panitia pusat, sehingga sekolah harus mengikuti semua aturannya. Dengan begitu,  siswa terbiasa merasakan UNBK sebenarnya.

Kepala SMPN 20 Mataram, Dra. Ida Ayu Putu Armyani, ditemui di sela-sela pelaksanaan simulasi UNBK, Kamis, 7 Februari 2019 mengatakan, simulasi tahun ini berbeda, karena langsung dari pusat, sekolah tidak bisa menyusun jadwal sendiri. “Tapi bagus, siswa bisa merasakan UNBK sebenarnya. Dibuat simulasi seperti sebenarnya, langsung dari pusat yang mengatur” katanya.

Iklan

Simulasi ini mengujikan mata pelajaran yang diujikan di UNBK, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sebanyak 78 orang siswa kelas IX di SMPN 20 Mataram. Disiapkan satu ruangan dengan 26 komputer. Siswa kelas IX dibagi menjadi tiga sesi untuk UNBK nanti. “Kita punya dua server , satu lagi untuk cadangan,” katanya.

Pihaknya sudah melaksanakan pengayaan sejak bulan Januari lalu. Selain itu, buku untuk pengayaan juga disiapkan. Guru dalam kesehariannya memberikan materi pengayaan.  “Awal masuk sudah infokan ke bapak/ibu guru agar materi dipercepat, sebelum pengayaan berikan materi, sebelumnya sudah mulai melatih soal,” katanya.

Pengayaan dilaksanakan langsung sepulang sekolah. Pengayaan tidak hanya untuk UNBK, tapi untuk menyiapkan siswa menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Dilaksanaan setiap hari Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis. “Dilaksanakan setelah jam pelajaran mereka,” katanya.

Ida Ayu menekankan, pihaknya tidak memasang target yang muluk pada UNBK tahun 2019 ini. Terpenting, semua siswa bisa ikut UNBK, serta adanya peningkatan hasil UNBK dari tahun sebelumnya. “Harapnnya semoga bisa meningkatkan hasil mereka,” katanya.

Pelaksanaan UN SMP/MTs dijadwalkan pada 22 sampai dengan 25 April 2019 dengan mengujikan mata pelajaran bahasa Indonesia, matematika,  bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sementara UN susulan bagi SMP/MTs akan dilaksanakan pada 29 dan 30 April 2019. Penyerahan hasil UN ke Provinsi pada 25 Mei 2019. Dan pengumuman hasil UN SMP/MTs pada 27-28 Mei 2019.

Dari data yang diperoleh di Disdik Kota Mataram, sebanyak Sembilan SMP negeri di Kota Mataram akan melaksanakan UNBK. sementara itu 13 SMP swasta juga akan melaksanakan UNBK. Sedangkan untuk MTs, sebanyak tiga MTs negeri mengikuti UNBK dan 21 MTs swasta akan mengikuti UNBK.

Sementara itu, 15 SMP negeri di Kota Mataram akan tetap melaksanakan UN Kertas Pensil (UNKP). Dan, sebanyak 6 SMP swasta di Kota Mataram juga akan melaksanakan UNKP. (ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here