Silaturahmi Lebaran dengan Tetap Aman dan Nyaman di Jalan

Tips berkendara aman dan nyaman di jalan saat silaturahmi lebaran. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB)-Tak terasa, sudah lebaran. buat Honda Lovers yang berada di dalam kota/yang ingin merayakan lebaran bareng keluarga besar, ini tips berkendara yang aman dan nyaman yang kadang kadang sering kali di sepelehkan. Apalagi saat buru-buru, padahal ini sangat bermanfaat. Ini tipsnya,

1. Menyiapkan kendaraan
Sebelum Anda menggunakan sepeda motor, sebaiknya Anda persiapkan kendaraan Anda mulai dari mengecek seluruh komponen kendaraan. Pastikan seluruh komponen dalam kondisi baik, dari accu, lampu, rantai, tekanan ban, rem, dan lain-lain. Agar nanti di perjalanan tidak terjadi kerusakan atau motor mogok di jalan. Dan jangan lupa nih, STNK & SIM.

Iklan

2. Menggunakan perlengkapan keselamatan / Riding Gear lengkap
Dalam mengendarai sepeda motor, penting bagi Anda menggunakan perlengkapan keselamatan seperti jaket, helm SNI, celana panjang, masker, sarung tangan, sepatu dan masker sebagai perlengkapan tambahan saat pandemi. Penggunaan perlengkapan tersebut akan membantu Anda terlindungi & mengurangi dampak benda negative saat berkendara.

3. Sikap berkendara yang baik
Dalam berkendara sepeda motor sebaiknya Anda memiliki sikap berkendara yang baik dimana Anda duduk di atas sepeda motor dengan posisi lurus tegak namun tetap santai, pastikan pandangan ke depandan tetap focus. Pastikan anda berkendara di jalur yang digunakan oleh sepeda motor atau jalur kiri.

4. Jaga jarak dalam berkendara
Saat Anda berkendara sepeda motor, pastikan Anda menggunakan kecepatan wajar/normal dalam setiap kondisi. Jangan lupa untuk mengatur jarak dengan pengendara yang berada di depan, gunanya untuk membantu menghindari tabrakan atau kecelakaan yang di sebabkan oleh pengereman secara mendadak.

5. Tetap fokus dan waspada
Dalam berkendara sebaiknya Anda tetap fokus dan waspada dalam berkendara. Kadang banyak kecelakaan terjadi karna terlalu percaya diri dengan kemampuan berkendaaranya sehingga menyebabkan kelalaian dan terjadi kecelakaan karena kecerobohan dan kurang hati-hati. Oleh karena itu sehebat apapun Anda berkendara Anda tetap perlu fokus dan waspada.

6. Patuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas
Patuhi segala aturan dan rambu lalu lintas di sepanjang jalan. Pastikan lampu depan menyala dengan semestinya. Gunakan lampu sein saat Anda akan berbelok.

“Itulah tips berkendara sepeda motor yang aman dan nyaman. Mungkin yang belum bisa mudik bisa bertemu keluarga via online/webinar melalui platform tersedia agar bisa melepas rindu bertemu dengan keluarga. Pastikan diri Anda memiliki kriteria di atas agar perjalanan Anda menjadi aman dan nyaman. Salam #Cari_Aman, Salam Satu Hati,” demikian Satria Wiman Jaya, Safety Riding Instruktur Astra Motor NTB. (bul)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional