Silaturahmi ke Bayan, Bupati KLU Motivasi Tingkatkan Sektor Pertanian

Bupati KLU H. Djohan Sjamsu silaturahmi dengan tokoh masyarakat dan tokoh adat di Desa Bayan akhir pekan kemarin. (Suara NTB/ist)

Tanjung (Suara NTB) – Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU), H. Djohan Sjamsu, SH., meluangkan waktu menyapa tokoh masyarakat dan warga Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Jumat, 4 Juni 2021. Sebelum itu, Bupati juga menyempatkan diri berjamaah di Masjid Nurul Mujtahidin, Dusun Teres Genit.

Didampingi sejumlah pejabat OPD lingkup Pemda Lombok Utara, Djohan mengajak seluruh masyarakat Desa Bayan untuk menjaga semangat. Potensi di desa itu cukup besar, terutama sektor pertanian yang notabene sebagai sektor yang mampu bertahan di situasi krisis/Covid.

Iklan

“Kita lihat sepanjang jalan kiri dan kanan, penuh dengan lahan pertanian masyarakat yang subur. Potensi yang ada desa ini, bisa mendorong Desa Bayan maju seperti desa lain,” kata Bupati.

Pemerintah pusat, sambung dia, mengimbangi potensi di desa dengan menjaga momentum untuk membangun dari desa. Pada masa periodisasi pemerintahan Presiden Jokowi, desa diberikan anggaran besar melalui pagu DD untuk dikelola secara langsung oleh pemerintah desa. Dengan anggaran itu, desa dapat merencanakan program yang efektif sesuai kebutuhan masyarakat.

Menurut bupati, Desa Bayan selain memiliki lahan pertanian yang luas juga memiliki banyak sumber mata air. Oleh karena itu, desa setempat harusnya jauh dari kata kekurangan jika sumber air dapat dikelola dengan baik.

“Maka tidak hanya Desa Bayan saja yang menikmati bahkan desa sekitarnya, tetapi tentu ini perlu kerjasama. Dengan maju suatu desa maka suatu daerah pun otomatis maju, apalagi potensi yang dimiliki desa ini luar biasa,” sanjungnya.

Selain pertanian, Desa Bayan juga memiliki tradisi, adat dan Budaya yang dikenal sebagai komoditi pariwisata. Ia juga mengapresiasi, melalui pranata adat dan awig-awig masyarakat adat desa itu, berperan besar dalam proses kelestarian hutan adat.

Sementara, Kepala Desa Bayan, Satradi mengamini potensi pertanian dan pariwisata yang dimiliki desanya. Sebagai kepala desa, ia akan fokus melaksanakan amanah dan kepercayaan masyarakat untuk membangun Desa Bayan. (ari)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional