Silaturahmi dengan DPRD NTB, Gubernur Kembali Segarkan Visi Misi NTB Gemilang

Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah, menggelar silaturahmi dengan para pimpinan dan anggota DPRD NTB, di Pendopo Gubernur NTB, Senin, 19 Oktober 2020. (Suara NTB/humassetdantb)

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M.Sc menggelar silaturahmi dengan para pimpinan dan anggota DPRD NTB, di Pendopo Gubernur NTB, Senin, 19 Oktober 2020. Dalam silaturahmi itu, gubernur menyegarkan kembali Visi Misi NTB Gemilang yang menurutnya perlu menjadi perhatian bersama.

Gubernur berharap DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-NTB serta semua OPD yang ada di lingkup Provinsi NTB dapat terus  membangun sinergitas yang baik untuk mewujudkan NTB Gemilang. ‘’Ini silaturahim pertama di tahun 2020. Kami berharap komunikasi intens dan sinergitas tetap terjalin baik,’’ harapnya.

Iklan

Gubernur juga menyampaikan bahwa momentum berkumpul dengan anggota DPRD terbilang cukup sering. Namun momen ngobrol santai sambil bertukar pikiran seperti ini adalah momen langka.

Gubernur  pada kesempatan itu merinci Visi Misi NTB Gemilang. Pertama, NTB Tangguh dan Mantap yakni penguatan mitigasi bencana dan pengembangan infrastruktur penunjang sektor unggulan serta konektivitas wilayah seperti jalan raya. Kedua, Bersih dan Melayani, meliputi transformasi birokrasi yang berintegritas, berkinerja tinggi, bersih dari KKN dan berdedikasi.

Ketiga NTB Sehat dan Cerdas. Hal ini berkaitan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai pondasi daya saing daerah. Keempat, Asri dan Lestari, yang dimaksud asri dan lestari adalah pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan yang berkelanjutan.

‘’Salah satu yang menjadi tantangan kita di NTB adalah penghijauan,’’ katanya. Poin kelima Sejahtera dan Mandiri. Hal ini meliputi penanggulangan kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan pertumbuhan ekonomi inklusif bertumpu pada pertanian, pariwisata dan industrialisasi.

Sejauh ini kita ketahui program-program industrialisasi di NTB dapat dilihat bersama hasilnya. Gubernur mengatakan, jika semua masyarakat ingin sejahtera maka harus lebih berinovasi. Terakhir, NTB Aman dan Berkah, merupakah perwujudan masyarakat madani yang beriman, berkarakter dan penegakan hukum yang berkeadilan.

Salah satu contoh pengembangan visi misi keenam ini adalah terwujudnya program di NTB guna membantu masyarakat terbebas dari rentenir melalui program ‘’Mawar Emas’’.

Hal lainnya adalah masalah gundulnya hutan. Gubernur berharap, melalui misi NTB Gemilang ke empat, yaitu NTB Asri dan Lestari, semua itu diharapkan bisa mulai teratasi dengan baik. ‘’Saya berharap dengan dipayungi NTB, semua saling mendukung. Semua bisa terlaksana dengan baik sesuai harapan kita bersama,’’ harapnya.

Senada dengan itu, Ketua DPRD, Baiq Isvie Rupaeda,S.H,M.H, mengatakan bahwa ada dua hal yang tengah diperbincangkan di internal DPR NTB yang memberikan rasa aman dan nyaman. Pertama meyakinkan pada anggota DPR tentang dana pokok-pokok pikiran (Pokir). Kedua, memastikan Pokir DPRD di tahun 2020 bisa berjalan dengan baik. Dengan demikian, pertemuan ini selain sebagai ladang silturahim, juga sebagai ladang untuk curhat-curhatan.

‘’Yang jelas Pak Gub tahu tentang itu. Dan kami berharap, harapan ini bisa terwujud di tahun 2020 ini,’’ katanya. Isvie juga berharap agar komitmen dan komunikasi yang sudah terjalin antara pemerintah dan DPRD agar tetap kokoh demi menyonsong NTB Gemilang.  ‘’Lebih dipererat lagi dan ikatan emosional kekeluargaan kita lebih mantap,’’harapnya.

Hadir dalam acara itu, Sekda NTB, Drs. Lalu Gita Ariadi dan para Kepala OPD lingkup Provinsi NTB dan seluruh Anggota DPRD Provinsi NTB. (r)