Sidang Pendahuluan Sangketa PHP dari NTB Dijadwalkan Pekan Depan

Suhardi. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Sesudah meregistrasi tiga gugatan sengketa Perselisihan Hasil Pemilu (PHP) asal NTB yakni Pilkada Sumbawa, Pilkada Lombok Tengah dan Pilkada Bima. MK telah melayangkan surat pemberitahuan sidang pemeriksaan pendahuluan terhadap para pihak yang berperkara.

Dalam surat pemberitahuan tersebut, sidang pemeriksaan pendahuluan terhadap tiga sengketa PHP asal NTB dilaksanakan Rabu pekan depan, 27 Januari 2021. “Surat pemberitahuan sidang pemeriksaan pendahuluan sudah ada dari MK,” kata komisioner Bawaslu NTB Divisi Hukum, Data dan Humas, Suhardi, Rabu, 20 Januari 2021.

Iklan

Diungkapkan, hukum acara di MK mengharuskan pihak MK untuk mengirimkan surat pemberitahuan terhadap seluruh pihak berperkara paling lambat tiga kali hari sebelum pelaksanaan sidang. Seluruh pihak yang berperkara pun harus mengirimkan surat konfirmasi pemberitahuan, bahwa mereka siap untuk menghadiri persidangan di MK tersebut. “Sidang di MK harus memberitahukan para pihak,” paparnya.

Dalam sidang pemeriksaan pendahuluan tersebut, MK akan memeriksa syarat formil dan materiil gugatan masing-masing pemohon. Pemeriksaan ini baik mengenai pemenuhan syarat selisih perolehan suara sebagaimana diatur dalam pasal 157 dalam Undang-undang Pilkada, maupun tenggat waktu pendaftaran permohonan di MK.

Dalam sidang pemeriksaan itu, MK juga akan mendengarkan dalil-dalil para pemohon lain yang dianggap berpengaruh terhadap perolehan suara hasil di Pilkada. Alhasil jika dalam sidang pemeriksaan pendahuluan itu dianggap memenuhi syarat. Maka sidang akan berlanjut ke sidang pemeriksaan.

“Tapi jika tidak memenuhi syarat, maka tidak akan berlanjut ke tahap sidang pemeriksaan,” jelasnya. Terpisah, Kuasa Hukum Jarot-Mokhlis, DA Malik membenarkan bahwa pihaknya sudah menerima surat pemberitahuan sidang pemeriksaan pendahuluan dari MK. Dia memastikan pihaknya sudah siap mengikuti persidangan di MK. “Prinsipnya, kita sudah siap bersidang di MK,” pungkasnya. (ndi) 

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional