Siapkan Skenario Terburuk Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

H. Ahsanul Khalik (Suara NTB/dok)

PEMPROV melalui Dinas Sosial (Disos) NTB menyiapkan skenario terburuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19. Pemprov menyiapkan tiga lokasi pemakaman jenazah warga terpapar Covid-19 di Kota Mataram.

‘’Jika terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan, artinya situasi darurat. Maka langkah-langkah penyiapan lahan kuburan, sudah kita lakukan,’’ ujar Kepala Disos NTB, H. Ahsanul Khalik, S.Sos., M.H., dikonfirmasi Suara NTB, Minggu, 13 Juni 2021.

Iklan

Khalik menyebutkan, tiga lokasi yang disiapkan untuk pemakaman jenazah warga terpapar Covid-19 di Kota Mataram. Yaitu, lokasi pemakaman yang berada di Jalan Arya Banjar Getas, Jalan Lingkar Selatan dan Bagirati.

Untuk lokasi pemakaman yang berada di Jalan Arya Banjar Getas disiapkan lahan seluas 33.000 meter persegi. Kemudian di Jalan Lingkar Selatan seluas 80.000 meter persegi. Namun, untuk di Bagirati, lahannya belum ditetapkan karena lokasinya berdekatan dengan perkampungan penduduk.

‘’Itu yang disiapkan oleh Pemprov NTB. Nanti Pemda Kabupaten/Kota juga menyiapkan. Sudah kita koordinasikan dengan Dinas Sosial Kabupaten/Kota. Kita sedang kumpulkan datanya, belum masuk informasinya dari Dinas Sosial Kabupaten/Kota,’’ ujarnya.

Khalik menjelaskan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Disos Kabupaten/Kota untuk menyiapkan lokasi pemakaman untuk jenazah warga terpapar Covid-19 di daerah masing-masing. ‘’Ini semacam rencana kontijensi saja,’’ jelasnya.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Provinsi NTB, jumlah masyarakat yang terpapar Covid-19 di Provinsi NTB sampai Sabtu (12/6) sebanyak 13.890 orang. Dengan rincian,  12.781 orang sudah sembuh, 617 meninggal dunia, serta 492 orang masih positif.

Adapun rincian pasien Covid-19 yang meninggal dunia di kabupaten/kota, yakni Kota Mataram 167 orang, Lombok Barat 101 orang, Lombok Tengah 72 orang, Lombok Utara 17 orang, Lombok Timur 48 orang, Sumbawa Barat 14 orang, Sumbawa 93 orang, Dompu 29 orang, Bima 28 orang dan Kota Bima 40 orang. (nas)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional