Si Jago Merah Lalap 12 Ruangan Ponpes Bidayatul Hidayah

Mataram (suarantb.com) – Kebakaran besar melalap habis salah satu gedung di Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah Putra di Kebon Roek, Ampenan, Sabtu, 1 Oktober 2016. Sebanyak 12 ruangan yang berada di gedung tersebut hangus, termasuk ruangan kelas qiro’ati dan ruang penyimpanan kitab. Kebakaran terjadi sekitar pukul 11.30 WITA. Dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat hubungan listrik arus pendek.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Kebakaran terjadi saat gedung dalam keadaan kosong. Semua santri Bidayatul Hidayah telah meninggalkan ruangan untuk beristirahat siang di gedung yang lainnya. Tiba-tiba saja api terlihat merembes dari arah ruangan yang terletak di bagian belakang gedung tersebut.

Iklan

Demikian diceritakan salah seorang santri yang kebetulan melihat asal muasal kobaran api, Heru Setiawan. “Saat kita ke sana, ruangan itu sudah penuh sama api,” ungkapnya kepada suarantb.com.

Kebakaran tersebut juga mengakibatkan kerugian besar bagi pihak ponpes. Ratusan kitab beserta lemari penyimpanan, serta beberapa unit komputer dan komputer jinjing yang berada di ruang penyimpanan kitab hangus terbakar. Selain itu beberapa unit meja dan kursi panjang, berikut sejumlah pakaian santri yang dijemur di bagian belakang gedung ikut hangus dilalap jago merah.

Pemadam kebakaran dan pihak kepolisian pun datang membantu memadamkan kobaran api. Namun disayangkan, api telah membakar habis gedung kelas qiro’ati tersebut. Kondisi gedung sudah rusak parah. Bagian atap dan jendela ruangan telah habis menjadi arang.

Untungnya, kobaran api dapat segera dipadamkan sebelum sempat merembet ke gedung sebelahnya yang merupakan gedung baru serta gedung asrama santri. Kendati mengakibatkan kerugian materiil yang cukup besar, namun aktivitas harian santri Bidayatul Hidayah Putra masih dapat berlangsung seperti biasa. (rdi)