Shalat Idul Fitri di UMM Kesempatan Masyarakat Dekat dengan Kampus

Mataram (Suara NTB) –

Suasana khidmat terasa saat pelaksanaan Shalat Idul Fitri di kampus Universitas Muhammadiyah Mataram (UMM), Rabu (6/7) lalu. Shalat Idul Fitri di kampus, selain untuk memberikan tempat bagi umat Islam beribadah, juga untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat dekat dengan lingkungan kampus.

Iklan

Shalat Idul Fitri dimulai pada pukul 07.00 pagi. Ratusan masyarakat, tua dan muda tampak memenuhi halaman basket kampus UMM. Bertindak sebagai Imam dan Khatib yaitu Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) NTB, H. Falahuddin, S.Ag, M.Ag.

Wakil  Rektor III UMM, Drs. Amil, MM., mengatakan, pelaksanaan Shalat Idul Fitri di kampus untuk memberikan tempat kepada umat Muslim melaksanakan shalat. “Dengan banyaknya tempat ini umat Muslim tidak semrawut, artinya semua bisa melaksanakan shalat dengan khusyuk,” ujarnya saat ditemui selepas shalat hari raya.

Ia mengatakan, untuk warga perserikatan Muhammadiyah, pelaksanaan Shalat Idul Fitri dipusatkan di Kampus UMM dan Masjid Darul Arqam.  Adanya Shalat Idul Fitri di kampus, menurutnya, warga dapat melihat kampus, sehingga kepercayaan orang tua dapat menitipkan anaknya berkuliah di UMM. “Masyarakat umum itu akan bisa memberikan atau menitipkan putra-putrinya untuk menimba ilmu di tempat kami,”  kata Amil, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan ini.

Selain itu, Amil menekankan, dengan adanya Shalat Idul Fitri ini, akan menumbuhkan kebersamaan di antara civitas akademika. Selain memberikan tempat kepada masyarakat umum untuk beribadah.

Sementara itu, Falahuddin dalam khotbahnya menyampaikan beberapa hal terkait ibadah puasa. Dari masalah personal, keluarga, serta hubungan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Ia menuturkan, Shalat Idul Fitri sebagai bentuk rasa syukur terhadap Allah SWT yang telah memberikan kenikmatan. Sebagai insan manusia, ia mengajak untuk menjaga agar ibadah selama satu bulan tersebut tidak sia-sia. “Dan sebagai manusia yang taat pada aturan negaranya kita juga harus tetap menjaga agar bumi Indonesia ini tetap jaya,” katanya. (ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here