Seteluk Jebol, Pasien Covid-19 Teridentifikasi PPTG dari Jakarta

Tuwuh. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Kecamatan Seteluk akhirnya tercatat sebagai salah satu wilayah penyumbang pasien positif Coronavirus Disease (Covid-19) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Berdasarkan rilis yang dipublikasikan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 KSB, Senin malam, 13 Juli 2020, pasien positif dari kecamatan Seteluk ini teridentifikasi inisial Tn. KBM, laki-laki, usia 41 tahun, alamat desa Rempe.

Masih berdasarkan rilis tersebut, Tn. KBM pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit Covid-19. Tepatnya dari ibukota Jakarta dan riwayat kontak dengan pasien Covid-19 belum teridentifikasi.

Iklan

Terhadap Tn. KBM ini, tim Gugus Tugas Covid-19 KSB sebenarnya telah mendeteksi sejak kedatangannya dari Jakarta. Bersangkutan sudah diambil tindakan karantina terpusat di Rusunawa Belisung terhitung tanggal 7 Juli lalu setelah hasil tes cepatnya (rapid diagnostic test – RDT) menunjukkan reaktif.

Sebelumnya, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 KSB, H. Tuwuh menerangkan, saat kepulangannya dari Jakarta Tn. KBM mengantongi surat keterangan bebas Covid-19. Namun untuk pencegahan, oleh tim Gugus Tugas Kabupaten, yang bersangkutan tetap diarahkan menjalani isolasi mandiri dan dilakukan prosedur tes cepat. Di mana hasilnya Tn. KBM dinyatakan reaktif.

Pasca dinyatakan reaktif. Tim kesehatan telah pula mengambil tindakan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) Swab pertama dan hasilnya dinyatakan negatif. Namun akhrinya pada tes PCR Swab keduanya, Tn. KBM terdeteksi telah terjangkit virus corona.

Dengan terinfeksinya Tn. KBM asal desa Rempe, maka sejauh ini kasus Covid-19 di KSB telah terdeteksi di 5 kecamatan. Di antaranya di kecamatan Taliwang, Poto Tano, Brang Rea, Maluk dan terakhir kecamatan Seteluk. Dengan kasus pasien positif sementara hanya tersisa dua orang, yaitu inisial An. Nh warga desa Beru kecamatan Brang Rea dan Tn. KBM sendiri sebagai kasus terbaru.(bug)

  Savana Ala Afrika di Pulau Kenawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here