Setelah Lebaran, Proyek Pipa PDAM Dompu Dieksekusi

Abdul Muis.(Suara NTB/jun)

Dompu (Suara NTB) – Kepala Dinas PUPR Kabupaten Dompu, Ir. Abdul Muis memastikan, proyek pemasangan pipa induk PDAM di Desa Oo akan dieksekusi setelah Hari Raya Idul Fitri 1441 H ini. Melibatkan jajaran TNI dari Komando Distrik Militer (Kodim) 1614/Dompu.

Selain terganjal penolakan warga saat awal pelaksanaan, kegiatan tersebut tertunda akibat wabah Covid-19. “Kendalanya karena Covid-19 saja sekarang, fokus ini habis lebaran langsung dieksekusi, Insya Allah,” terangnya menjawab Suara NTB, Selasa, 19 Mei 2020.

Iklan

Potensi menuai penolakan dari warga sekitar masih sangat mungkin terjadi. Namun menurutnya itu persoalan lain. Apalagi proyek ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Negara lewat prajurit TNI di daerah akan hadir membantu pemerintah dengan program karya bakti mereka.

Prinsipnya, tegas Abdul Muis, proyek pemasangan pipa induk senilai Rp14 Miliar dengan panjang galian 1 Kilometer lebih ini akan tetap dieksekusi kontraktor. “Ada kan program karya bakti TNI, kita sudah koordinasikan supaya ada kerjasama itu,” jelasnya.

Selain membangun koordinasi dengan TNI untuk kelancaran pekerjaan di lapangan, proyek inipun telah mendapat pendampingan dari kejaksaan. Karenanya diharapkan penyelesaian setiap item kegiatan nantinya berjalan sesuai target, sehingga ribuan pelanggan PDAM di wilayah kota tidak lagi kesulitan menikmati air bersih dari jaringan PDAM.

Informasi yang dihimpun Suara NTB sebelumnya, pemasangan pipa induk tersebut menuai penolakan warga lantaran mereka khawatir debit air untuk lahan pertanian berkurang. Namun, oleh pihak PUPR dalam beberapa kali pertemuan ditegaskan bahwa proyek tersebut tidak berdampak apa-apa, volume air ke lahan pertanian akan tetap normal seperti biasa karena perubahan hanya ada pada sistim jaringan saja. (jun)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional