Setelah Arab Saudi, Pengiriman Pekerja ke Qatar dan Abu Dhabi Dibuka

Muhammadun. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Setelah pemerintah resmi membuka pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Arab Saudi melalui sistim satu kanal, dalam waktu dekat, menyusul dibukanya pengiriman ke negara-negara Timur Tengah lainnya, Qatar dan Abu Dhabi.

Demikian disampaikan, Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (Apjati) Provinsi NTB, H. Muhammadun usai mengikuti pertemuan di Jakarta, Jumat, 7 Februari 2020. Pertemuan ini membahas rencana pelaksaan bursa kerja untuk pengiriman PMI ke Arab Saudi melalui satu pintu, PT. Bursa Usaha Migrant Indonesia (BUMI).

Iklan

Sebelumnya, Dedi Rizaldi dari Apjati Pusat menyampaikan membuka peluang untuk pengiriman PMI ke Qatar dan Abu Dhabi setelah perwakilan pemerintah setempat melakukan pertemuan beberapa kali dengan Kemenaker.

‘’Qatar saja sudah ada lima kali datang ke Indonesia untuk meminta dibukanya pengiriman tenaga kerja dari Indonesia.  Sebulanlah, setelah launching pengiriman ke Arab Saudi, disusul Qatar, kemudian disusul Abu Dhabi,’’ jelas Dedi kepada Suara NTB.

Muhammadun mengatakan, rencana membuka kesempatan bekerja ke Qatar dan Abu Dhabi ini hampir 100 persen. Persiapannya sudah cukup matang. Namun tetap melalui satu pintu, seperti yang dilakukan oleh pemerintah untuk Arab Saudi.

‘’Apakah nantinya melalui PT. BUMI juga atau melalui perusahaan lainnya. PT inilah yang akan menjadi pintu rekrutmen hingga penempatan. Sudah ada yang tangani dari pemberangkatan hingga penempatan. Tidak lagi melalui PPTKIS sendiri-sendiri,’’ jelasnya.

Dengan adanya pengiriman satu kanal ini, tidak ada lagi PMI yang dikibuli oleh oknum-oknum dari perusahaan. Menjanjikan peluang kerja, tetapi tidak sesuai faktanya ketika penempatan di Timur Tengah.

Apjati telah membahas rencana pengiriman pekerja ke beberapa negara di Timur Tengah ini dengan perwakilannya. Kemungkinan juga menyusul Quwait. Sementara ini adalah mensukseskan pengiriman satu pintu ke Arab Saudi. Untuk pekerja ke Qatar, gaji yang ditawarkan minimal 1.500 real  atau setara dengan 400 dolar Amerika (Rp5,2 juta perbulan/ 1 dolar Amerika = Rp13.000). Ditambah fasilitas umroh gratis, dan haji gratis bagi yang bekerja tiga tahun.

‘’Di NTB sudah resmi bisa mendaftar melalui PT. BUMI dan agen-agennya. Petugas Antar Kerja P3MI yang memfasilitasi di kabupaten/kota, tujuan Arab Saudi. Qatar dan Abu Dhabi menyusul,’’ demikian Muhammadun.(bul)