Setahun, Parkir LIA Sumbang Rp 1 Miliar

Praya (Suara NTB) – Parkiran Lombok International Airport (LIA) menjadi salah satu andalan sumber pemasukan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) dalam beberapa tahun terakhir. Pasalnya, dari hasil pengelolan parkir bandara tersebut Loteng kebagian sampai Rp 1 miliar pertahun, dalam bentuk pajak parkir.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Loteng, Drs. L. Karyawan, kepada Suara NTB, Jumat (16/12) kemarin.

Iklan

Ditemui di ruang kerjanya, Karyawan mengatakan besaran pemasukan dari pajak parkir bandara tersebut diprediksikan bakal terus bertambah. Seiring dengan perkembangan yang dialami LIA saat ini. “Dari pajak-pajak parkir yang ada, pemasukan pajak parkir bandara termasuk yang terbesar,” terangnya.

Ia menjelaskan, sebenarnya untuk tahun ini pemasukan dari pajak parkir bandara ditargetkan hanya sekitar Rp 900 juta. Namun nyatanya pemasukan yang diperoleh sampai sejauh ini sudah bisa terlampaui. Sehingga kedepan, dengan melihat capaian tahun ini maka target tahun depan tentu akan ada peninjauan kembali.

Karyawan menambahkan, pola pengelolaan parkir di bandara tersebut nantinya akan dijadikan contoh pengelolaan parkir di Loteng. Sebagai upaya menekan potensi kebocoran dalam hal pengelolaan parkir yang ada saat ini. Dengan begitu, sumber-sumber pemasukan dari pajak parkir bisa lebih maksimal lagi.

Lebih lanjut, ia mengatakan selain dengan terus menggenjot pemasukan dari pajak parkir bandara, pihaknya saat ini juga terus berupaya mengoptimalkan pemasukan dari pajak parkir lainnya. Seperti pajak parkir rumahan serta pertokoan. Mengingat, tahun depan target PAD sendiri naik hampir Rp 10 miliar.

Dan, pemasukan dari pajak parkir tersebut diharapkan bisa menjadi salah satu sumber. Untuk bisa memenuhi target PAD yang telah ditetapkan.

“Tahun ini target PAD kita sekitar Rp 161 miliar. Tahun depan naik menjadi Rp 170 miliar. Sehingga harus ada upaya keras bagi kita untuk bisa memenuhi target tersebut. Nah pemasukan dari pajak parkir menjadi salah satu andalan,” timpal Karyawan. (kir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here